Peringati 1 Juli: TPNPB-OPM Meepago sampaikan akan lakukan dua agenda besar

Panglima TPN-PB OPM Meepago, Damianus Magai Yogi - wagadei.com/dic

Nabire, (WAGADEI) – Pimpinan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Wilayah Meepago, Panglima Jenderal Demianus M. Yogi menyampaikan dalam upacara memperingati hari Deklarasi Negara Republik Papua Barat pada 1 Juli mendatang, pihaknya akan melakukan dua agenda besar.

Pertama, kata Yogi, yakni sebagai hari tonggak sejarah bagi bangsa Papua Barat guna menghormati jasa para pahlawan terutama Jacob Prai dan Seth Rumkorem yang memproklamasikan kemerdekaan bangsa Papua Barat pada 1 Juli 1971 di Markas Besar Organisasi Papua Merdeka, Viktoria, Port Numbay, akan melakukan upacara pengibaran bendera sang Bintang Kejora (BK).

Yang kedua, lanjutnya, pelantikan dan mengeluarkan pernyataan sikap.

“1 Juli 1971 adalah hari sejarah deklarasi lahirnya identitas bagi Tanah Papua dan rakyat bangsa Papua Barat di wilayah teritorial dari Sorong sampai Almasuh. Peristiwa bersejarah ini tiap tahun kami dan seluruh rakyat Papua selalu peringati sebagai bentuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu. Untuk di tahun 2022 ini dalam perayaan nanti, ada dua agenda besar akan kami lakukan, yaitu upacara bendera BK dan pelantikan. Setelah itu kami juga akan keluarkan pernyataan sikap,” ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wagadei.com, Senin (27/6/2022).

Sehingga sesuai waktu sudah ditentukan, diimbaunya, seluruh pasukan Tentara Pembebasan Papua Barat Satuan Angkatan Darat (KASAD) dari tiap Pos dan Batalion yang ada dibawah naungan TPNPB Devisi II Makodam Pemka IV Paniai wilayah Meepago dapat merapat.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.