Bikin tong sampah di Enarotali, mahasiswa tantang DLH Paniai

  • Bagikan
Mahasiswa Paniai peduli lingkungan sedang memasang tong sampah di Enarotali pada Kamis, (6/1/2022) - Hendrikus Gobai untuk wagadei.com

Paniai, (WAGADEI) – Mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari Kabupaten Paniai yang sedang mengenyam pendidikan di seluruh Indonesia gunakan liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan menyediakan tong sampah di sekitar kota Enarotali, ibukota Kabupaten Paniai pada Kamis, (6/1/2022).

 

Pembuatan tempat sampah tersebut dilakukan setelah pihaknya menggelar aksi pembersihan sampah di lingkungan kota Enarotali pada tanggal 27 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022.

Ketua Tim Mahasiswa-mahasiswi Peduli Kebersihan Lingkungan Kabupaten Paniai, Jhon Saverius Kadepa mengatakan, pihaknya telah menaruh tong sampah di beberapa tempat yang kerapkali menjadi darurat sampah, yaitu pelabuhan Aikai, Iyaibutu, Iyaipugi (Modern), pelabuhan Ibumomaida, Awabutu,  Bakagookogopa, Lapangan Karel Gobai dan pasar Enarotali.

 

“Pembuatan tong sampah ini, kami (mahasiswa dan mahasiswi Paniai) memberikan contoh kepada Pemerintah Kabupaten Paniai terkhusus Dinas Lingkungan Hidup (DLH), bahwa cara mengatasi adanya sampah yang berserakan di kota Enarotali itu salah satunya adalah dengan menyediakan tong sampah,” kata Jhon Saverius Kadepa.

 

Menurut dia, setelah sampah telah menumpuk pihak DLH harus menyediakan kendaraan untuk mengangkut sampah lalu buang ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai masanya Meki Nawipa dan Oktopianus Gobai di antara kampung Ekeitadi dan kampung Ipakiyee.

 

“Kami sangat berharap Pemerintah Kabupaten Paniai menyiapkan truk sampah untuk mengangkut sampah dan membuang sampah tersebut di TPA,” ujarnya.

 

Sekertaris Tim Mahasiswa-mahasiswi Peduli Kebersihan Lingkungan Kabupaten Paniai, Hendrikus Gobai mengatakan, tidak hanya membuat tong sampah, pihaknya juga telah memasang baliho yang memperingatkan kepada masyarakat Kabupaten Paniai agar tidak terjerumus dalam penyakit sosial seperti perjudian, togel, rolex, minuman keras dan narkoba serta sabung ayam yang sedang marak di wilayah Kota Enarotali, dan Madi.

 

“Kami harap juga kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai, dalam hal Dinas Sosial untuk dapat mengatasi penyakit-penyakit sosial yang sedang berkembang pesat di Kabupaten Paniai,” ujar dia. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *