Peduli lingkungan, mahasiswa Paniai bersih-bersih Enarotali

  • Bagikan
Mahasiswa dan mahasiswi Paniai sedang membersihkan sampah yang tertumpuk di Kota Enarotali, Paniai pada Jumat, (31/12/2021) - Hendrikus Gobai untuk wagadei.com

Paniai, (WAGADEI) – Mahasiswa dan mahasiswi asal Paniai di seluruh Indonesia melakukan aksi pembersihan lingkungan di Kota Enarotali, ibukota Kabupaten Paniai, pada Jumat, (31/12/2021). Pelaksanaan itu, bagi mahasiswa karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai melalui instansi terkait tidak memperhatikan lingkungan Kabupaten Paniai yang bajal terdampak bahaya penyebaran sampah di setiap sudut Paniai.

 

Ketua Tim Mahasiswa-mahasiswi Peduli Kebersihan Lingkungan Kabupaten Paniai, Jhon Saverius Kadepa mengatakan, oleh sampah alam sekitar mencemarkan sampah justru membuat masyarakat mengganggu kesehatan tubuh dan daya untuk hidup.

 

“Sampah ini bahaya bagi kesehatan orang (warga) di sekitar kota Enarotali. Maka kami lakukan pembersihan sampah organik maupun non organik karena Pemda Paniai melalui dinas terkait yakni Lingkungan Hidup telah gagal dalam hal perhatikan lingkungan hidup,” kata Jhon Saverius Kadepa.

 

Sekertaris Tim Mahasiswa-mahasiswi Peduli Kebersihan Lingkungan Kabupaten Paniai Hendrikus Gobai mengatakan pembersihan sampah tersebut bukan mahasiswa cari perhatian terhadap Pemda Paniai agar diberikan sesuatu, namun nyatanya mahasiswa menyatakan kepeduliannya terhadap masyarakat dan Pemda Paniai.

 

“Itu agar Pemda Paniai perhatikan dengan sungguh-sungguh, di mana masyarakat mengganggap Pemerintah harus diperhatikan sesuai dengan hak dan kewajiban masyarakat itu sendiri,” katanya.

 

Selain itu, kata dia, bukan hanya sebatas kepedulian mahasiswa dan bukan juga suatu kepentingan mahasiswa terhadap Pemda Paniai tetapi pihaknya secara langsung menyampaikan bahwa sampah adalah musuh kita bersama.

 

“Kami sampaikan bahwa harus jelih melihat sampah sebagai musuh. Itu sehingga masyarakat tidak dapat ganggu pada harapan hidupnya,” ucapnya.

 

Ia mengatakan, pihaknya tidak disponsori oleh pihak manapun, melainkan peduli dari suara hatinya mengisi waktu kosong liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

 

Walaupun sudah ada tempat pembuangan akhir (TPA), kata dia, Pemda Paniai harus menyiapkan bak penampungan sampah-sampah agar masyarakatpun tidak membuang sampah dengan sembarangan tempat. (*)

Editor: Aweidabii Bazil
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *