Deiyai  

Kwarcab Gerakan Pramuka Deiyai gelar Rakorcab 2021

Ketua DPRD Deiyai, Petrus Badokapa (kiri), Sekda Deiyai, Yan Giyai (tengah) dan Ketua Kwarcab Pramuka Deiyai, Robert Pekei (kanan) ketika menggelar Rakorcab Pramuka Deiyai tahun 2021 - Ist

Deiyai, (WAGADEI) – Di penghujung

tahun 2021, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Deiyai gelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) bertempat di aula SMA Negeri Tigi, Deiyai, Selasa, (14/12/2021).

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deiyai Robert Pekei mengatakan, Pramuka merupakan pendidikan non formal sebagai satuan pendidikan ekstrakulikurel yang wajib dijalankan setiap sekolah sesuai dengan kurikulum 13.

” Dan itu berdasarkan Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 10 Tahun 2012. Maka Kwarcab Deiyai siap untuk menjalankan amanah dan tugas yang diberikan sebagai Ketua Kwarcab pada periode 2021-2025,” tegas Robert Pekei.

Menurut dia, kegiatan-kegiatan ini tentunya memiliki kekurangan dan hambatan-hambatan. Adapun beberapa hal yang perlu diingat dalam rapat koordinasi menjadi starting point untuk menghasilkan kualitas kegiatan yang lebih baik.

“Kemudian mampu menghasilkan rumusan kebijakan yang berorientasi pada internal dan eksternal Gerakan Pramuka di Kabupaten Deiyai,” ujar Robert Pekei.

Pekei mengatakan, pihaknya tetap melakukan kegiatan Kepramukaan walaupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat memberikan dana hibah daerah yang cukup minim.

“Dana memang tidak cukup, tetapi kami sudah laksanakan beberapa kegiatan, danacara Rakor ini merupakan kesempatan untuk menyampaikan semua keluhan dan rencana program kerja anggaran tahun 2022 entah kegitan tingkat daerah maupun nasional,” katanya.

Sehingga, sebagai Ketua Kwarcab meminta kepada Pemkab setempat untuk memberikan dukungan dana yang cukup memadai untuk pembinaan di setiap gugus depan.

“Itu untuk membina adik-adik siswa dan siswi di setiap sekolah sebagai generasi muda penerus bangsa,” katanya.

Pada Rakorcab tersebut dihadiri Sekda Kabupaten Deiyai, Ketua DPRD Deiyai, Asisten I Setda Kabupaten Deiyua, Dandim 1703, Perwakilan Polres Persiapan Deiyai, serta empat Kepala Distrik Se Kabupaten Deiyai dan pengurus kwarcab, pengurus kwartir ranting, pembina Gudep di setiap sekolah tingkat SMP dan SMA serta Satuan Karya (saka),

Ketua DPRD Kabupaten Deiyai, Petrus Badokapa mengapresiasi Rakorcab tersebut sebab bagi dia kegiatan Pramuka merupakan pusat pendidikan untuk membina mental dan fisik serta watak generasi muda ke depan.

“Pada tahun 2022, kami DPRD siap untuk mendukung program kegiatan Pramuka melalui Dinas Pemuda dan Olahraga,” kata Badokapa.

Kesempatan itu, Sekda Deiyai, Yan Giyai menyampaikan permohonan maaf kepada Ketua Kwarcab Deiyai karena anggaran tahun 2021 terjadi pemotongan sehingga terjadi tidak sesuai harapan.

“Pada tahun 2022 akan dipikirkan pemerintah daerah untuk penambahan dana supaya bisa menunjang kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Deiyai,” kata Giyai.

Dandim 1703 Deiyai melalui Penghubung Perwira seksi Teritorial bidang Pramuka mengatakan Pramuka mempunyai satuan karya sesuai dengan bidang krida-krida kealihan yang harus dibentuk satuan karya yang seperti Kodim (saka Wira Kartika), Polres (saka Bhayangkara) dan satuan karya lainya.

“Maka pemerintah mohon dukungan program Kwartir Cabang untuk kegiatan guna membina generasi muda kita di setiap tingkatan sekolah,” katanya. (*)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.