IKBD Nabire gelar Ibadah Natal 2021

  • Bagikan
Suasana Natal Ikatan Keluarga Besar Debei di Nabire - Elias Douw/wagadei.com

Nabire, (WAGADEI) – Ikatan Keluarga Besar Debei (IKBD) yang ada di Kabupaten Nabire, Papua melakukan ibadah perayaan Natal bersama bertempat di lapangan sekertariat (IKBD) Karang Barat, Distrik Nabire, Sabtu, (11/12/2021). Debei adalah, salah satu kampung yang terletak di Tigi Barat Kabupaten Deiyai dan bagian Selatan dari Kabupaten Dogiyai. Daerah itu didiami oleh marga Pigai, Pigome, Bobii dan Waine.

Natal keluarga Debei turut dihadiri senior Debei, Yakobus Pigome, Yulianus Pigome, Pembina IKBD Fret Pigai, segenap undangan dan masyarakat Debei Apikopa dan Yamekopa yang berdomisili di Nabire.

Pihaknya mengusung tema,” Yesus Rela Turun Ke Dunia, Mari Menyambut Dengan Gembira“ dikutip dalam Injil Lukas 1:41-45. Firman Tuhan disampaikan oleh Pewarta Agus Pigome.

Agus Pigome mengatakan, mau melahirkan Tuhan Yesus tempat untuk melahirkan tidak ada dan setiap rumah ketuk pintu namun pemilik rumah menjawab; “Kami keluarga saja yang cukup, tidak ada tempat di sini sempit”. Sehingga mereka hanya ketemu kandang sapi.

“Ia berpesan bahwa, jangan sampai kita oran-orang Debei juga cari-cari tempat. Artinya, hati kita ini kita luangkan untuk Tuhan Yesus jangan sampai hati kita ini penuh dengan hal-hal duniawi, hati kita penuh tidak ada tempat bagi Tuhan. Maka itu, melalui ibadah Natal ini, saya pesan hati kita dan pikiran kita khususkan untuk Tuhan Yesus. Itu supaya kita menerima Yesus sebagai juru selamat dari diri pribadi bagi kita orang Debei,” katanya.

Setelah melahirkan Yesus, lanjut Pigome, Bunda Maria membawa Tuhan Yesus ke bait Allah, di depan Simeon, ia mempersembahkan Yesus Kepada Allah. “Maka itu mari bapak ibu kita juga anak-anak kita mempersembahkan kepada Tuhan dan dari kecil kita ajar anak-anak kita dengan Sekolah minggu, dan juga kita ajar yang baik,” katanya.

“Perbuatan kita, tutur kata kita, lewat tindakan kita dan mempersembahkan. Jika kita mempersembahkan kepada Tuhan, maka segala sesuatu yang kita kerjakan demi memuliakan Tuhan,” tuturnya.

Ketua panitia Natal IKBD Nabire, Yan Dawapa mengatakan, pihaknya berbahagia dan senang karena ibadah perayaan Natal bersama masyarakat Debei bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Hingga berakhirnya ibadah perayaan Natal hari ini. Dan untuk mensukseskan perayaan Natal kami mengalang dana dari beberapa kegiatan yang pertama, mencari borongan, lomba karaoke, lomba cerdas cermat,” katanya. (*)

Penulis: Elias DouwEditor: Aweidabii Bazil
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *