Berikan dukungan, Bupati Willem Wandik sebut mahasiswa Puncak adalah aset masa depan

Bupati Puncak, Willem Wandik saat sampaikan sambutannya - Yulianus Magai/wgadei.com 

Jayapura, (WAGADEI) – Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik menyebut mahasiswa asal Puncak merupakan aset masa depan yang perlu didukung dengan baik.

 

Hal itu dikatakan Willem Wandik ketika membuka acara musyawarah besar Komunitas Mahasiswa dan Pelajar Puncak (Mubes KMPP) ke IV yang digelar di aula Asrama Mamberamo Raya Perumnas I Waena, Kota Jayapura, Selasa, (30/11/2021).

 

“Mahasiswa asal Puncak adalah aset masa depan Puncak dan Papua pada umumnya. Karena mahasiswa adalah agen perubahan yang siap mengubah Papua lebih baik. Maka kita harus siapkan mereka dengan memberi dorongan dan dukungan,” kata Bupati Puncak, Willem Wandik.

 

Ia mengatakan, dirinya harus siapkan mereka sejak dini untuk masa depan Puncak di an juga Papua.

 

Mahasiswa kata dia, sebagai ujung tombak pembangunan, maka jika berbicara soal aset berarti harus ada manusianya. “Tanpa sumber daya manusia kita tidak bisa buat apa-apa, mau lakukan sesuatu harus ada sumber daya manusia dulu,” ucapnya.

 

“Jadi apa yang kita lakukan itu bagian dari pengembangan aset. Maka mahasiswa Puncak harus disiapkan mulai saat ini,” ujarnya.

 

Ia berharap, pengurus KMPP yang terpilih harus utamakan buat program-program kerja, karena selama ini pihaknya menilai sangat kurang di sisi data mahasiswa yang diperoleh Pemkab.

 

“Bila kami mau kirim uang beasiswa, kami harus kirim lewat rekening y masing-masing saja. Kadang itu di kalangan mahasiswa katakan ini hanya bagi-bagi uang saja, padahal kami kasih beasiswa,” ujarnya.

 

Menurut dia, uang yang diperuntukkan bagi mahasiswa melalui program beasiswa merupakan milik negara Indonesia, bukan milik Pemda Puncak.

 

“Uang beasiswa yang dikasih oleh Pemerintah Kabupaten Puncak itu utamakan perkuliahan, dan kepentingan lainnya yang paling penting. Karena kami tahu, kalian adalah masa depan Puncak dan Papua,” ujarnya.

 

Ketua yang terpilih kata dia, utamakan kumpulkan data mahasiswa Puncak lalu konsolidasi dan bangun komunikasi, dengan Pemkab Puncak.

 

“Jadi kami harap harus ada kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Puncak,” kata Wandik.

 

Bupati dua periode 2013–2018 dan 2018–201 ini menyampaikan, terimakasih kepada Panitia Mubes karena dinilai telah berjalan dengan baik.

 

Ketua Panitia Mubes KMPP Jayapura, Metis Magai mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Puncak yang telah memberikan perhatian yang sangat luar biasa kepada mahasiswa Puncak di setiap kota studi, terutama di Jayapura.

 

“Semoga perhatian ini tidak putus kedepannya, walaupun Bupati (pemimpin daerah) akan berganti dengan senior lain dari bapak Wilem Wandik,” kata Metis Magai.

 

Terianus Hagabal, salah satu senior mahasiswa asal Puncak di Jayapura mengatakan, dilaksanakannya Mubes tersebut untuk mempertasatukan mahasiswa Puncak dalam mendukung program kerja Pemerintah.

 

“Agar nantinya senior-senior setelah pensiun, kami adalah pengganti mereka. Kami ucapakan banyak terimakasih kepada Pemerintah Puncak yang selalu sama-sama dengan kami dalam hal apapun,” ucapnya.

 

Senior lainnya, Melianus Numang mengaku bangga dengan semangat mahasiswa melaksanakan kegiatan tersebut walaupun sempat molor waktu.

 

“Sejak betuknya Kabupaten Puncak, pemerintah punya perhatian sangat luar biasa kepada mahasiswa, tidak sama dengan kabupaten lain. Kalau Kabupaten lain pasti setiap tahun satu kali terima beasiswa, ada yang tidak dapat juga. Tetapi Pemerintah Puncak itu luar biasa setiap bulan Pemerintah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Puncak di setiap kota studi,” katanya.

 

“Saya pesan kepada mahasiswa berikan doa dan dukungan kepada Pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan, mahasiswa juga mengharumkan nama baik Kabupaten Puncak itu sangat penting. Itu sehingga hal sekecil pun kita berikan harapan kepada pemerintah,” katanya.

 

Kabupaten Puncak itu lanjut dia, akan disebut daerah maju jika Pemkab siapkan sumber daya manusia dalam tiga masa yaitu masa kemarin yang saat ini Bupati dan rombongannya sedang menjalankan roda pemerintahan, masa kini yang saat ini sebagai mahasiswa besok akan menjadi pempinan Kabupaten Puncak dan Provinsi Papua dan masa depan masa depan Puncak mati sekali pendidikan di Beago tidak berjalan dengan baik SMP dan SMA sudah tidak jalan di sana.

 

“Jika Pemda peduli tolong atasi masalah pendidikan di Beoga demi masa depan Puncak,” katanya.

 

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dan puluhan senior yang saat ini berdomisili di kota dan kabupaten Jayapura. (*)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.