Masyarakat Debei di Nabire komitmen bersatu untuk maju

  • Bagikan
Suasana musyawarah IKBD Nabire saat bahas Ad/ART - (Norbertus Douw/Wagadei)

Nabire, (WAGADEI) – Masyarakat Debei yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Debei (IKBD) di Kabupaten Nabire menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Debei (MMD) yang diselenggarakan di aula kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata setempat, Sabtu, (20/11/2021).

Kegiatan itu diusung tema ‘Debei Bersatu Untuk Maju’, dengan sub tema ‘melalui kegiatan Musyawarah Masyarakat Debei di Kabupaten Nabire Kita Diajak Bersatu Untuk Maju’ terlaksana dengan lancar dan sukses diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Daud Pigome, kotbahnya yang dikutip dari I Korintus 12:12.

Pendeta Daud Pigome mengatakan, orang Debei tidak terdiri dari hanya satu orang tapi terdiri dari anak-anak, remaja, pemuda, masyarakat dan kaum profesional Debei.

“Untuk itu semua saling mendukung, menghargai dan saling memotivasi memajukan kebersamaan yang ada,” kata Pendeta Daud Pigome.

Hans Pigome, Ketua IKBD di Nabire yang didemisionerkan, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Debei yang sudah memberikan kesempatan untuk memimpin wadah pemersatu itu selama dua periode.

“Beberapa program kerja yang kami lakukan selama kami pimimpin Ikatan Keluarga Besar Debei diantaranya pembelian lokasi di Karang Barat yang sementara dijadikan Sekertariat IKBD Nabire, pengurusan sertifikat tanah, pembangunan pondasi sekertariat IKBD Nabire berukuran 12×24, dan membantu keluarga duka bagi masyarakat Debei di Nabire selama dua periode,” kata Hans Pigome.

Sementara, Aleks Pigai, Ketua IKBD Se Papua mengapresiasi Ikatan keluarga Besar Debei di Nabire yang sudah melaksanakan musyawarah masyarakat Debei di Nabire.

Menurut dia, pelaksanaan kegiatan itu kemajuan wadah tersebut yang luar biasa karena melalui musyawarah bisa membahas AD, ART dan program kerja strategis.

“Saya berharap kegiatan seperti ini harus kita tingkatkan karena akan memberikan pengetahuan bagi anak muda Debei yang baru berkembang. Itu agar nantinya jika mereka sudah jadi pimpinan tidak kaku dalam memimpin sidang dan rapat-rapat,” kata Pigai.

Pigai yang berprofesi sebagai dosen pada sejumlah kampus di Kabupaten Nabire ini berharap, kegiatan seperti ini harus di tiru oleh Ikatan keluarga besar Debey yang ada di timika, Deiyai, Dogiyai, Wamena dan di seluruh pulau Papua serta Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Debei di Jayapura.

Ketua Badan Formatur MMD di Nabire Mikulian Dawapa, menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi kepada seluruh masyarakat Debei yang ada di kabupaten Nabire. Pasalnya, telah diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

 

“Kami sampaikan terimakasih karena sudah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan musyawarah masyarakat Debei dan sudah banyak membantu dana, tenaga dan bama untuk suksesnya kegiatan musyawarah masyarakat Debei di Nabire,” katanya.

Hengky Pigai, salah satu intelektual Debei berharap kepada masyarakat Debei seluruh Papua yang tersebar untuk selalu menjaga kekompakan yang telah dibangun bersama.

“Karena jika kita bersatu apapun bisa kita lakukan,” ucapnya.

Pigai yang juga sebagai Wakil Bupati Deiyai termuda ini berharap anak muda Debei terus belajar dalam organisasi kemasyarakatan, kerohanian dan di manapun.

“Jika organisasi itu memberikan kita mengembangkan kemampuan yang ada pada kita, maka laksanakan dengan baik sesuai kemampuan kita,” katanya. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *