Yansel Tinal diminta jadi wagub Papua

  • Bagikan
Fernando A. Yansen Tinal
Fernando A. Yansen Tinal - Wagadei/IST

Jayapura, (WAGADEI) – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Airlangga Hartanto diminta untuk merekomendasikan Yansen Fernando Tinal sebagai Wakil Gubernur (wagub) Papua menggantikan almarhum Klemen Tinal.

Permintaan tersebut dikatakan keluarga Wakil Gubernur Papua almarhum Klemen Tinal, Agus Kora ketika ditemui di Jayapura, Papua, Selasa (16/11/2021).

Permintaan ini disampaikan menyusul ibadah syukuran atas pelantikan Hosea Murib sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Otonomi Khusus Provinsi Papua, yang dilantik Gubernur Papua, Lukas Enembe, 5 November lalu.

Agus Kora mengatakan, Airlangga segera membatalkan rekomendasi DPP Partai Golkar usulan calon Wakil Gubernur Papua atas nama Paulus Waterpauw dan Jhon Tabo. Alasannya Paulus Waterpauw telah dilantik dalam jabatan sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sedangkan Jhon Tabo juga telah dilantik dalam jabatan sebagai Kepala Daerah Bupati Mamberamo Raya.

“Kedua, kami mendesak kepada bapak Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar untuk memberikan rekomendasi kepada Fernando A Yansen Tinal sebagai calon Wakil Gubernur Papua, dengan pertimbangan logis, beliau sebagai kader partai DPD I, Partai Golkar di Provinsi Papua yang sudah memenuhi syarat dan siap menjadi wakil gubernur Provinsi Papua dalam sisa masa jabatan yang ditinggalkan oleh alm. Klemen Tinal,” kata Agus Kora.

Yansen Tinal adalah ketua harian DPD I, partai Golkar Provinsi Papua, ketua fraksi partai Golkar DPRP Provinsi Papua, Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan Umum DPR Papua.

“Selain itu, beliau adalah adik kandung dari alm. Klemen Tinal ketua umum DPD I, Partai Golkar Provinsi Papua,” katanya.

Dia melanjutkan, sesuai komitmen awal koalisi Lukmen Jilid I dan II, Partai Golkar tetap mengedepankan komitmen sebagai partai pendukung dan mendukung Klemen Tinal sebagai wakil gubernur Papua, sehingga sisa masa jabatan yang ditinggalkan oleh almarhum selayaknya dilanjutkan oleh kader Partai Golkar sendiri yang sudah siap, yakni Yansen Tinal. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *