UPTD SKB Dogiyai gelar pelatihan menjahit dan olah kue berbahan ubi jalar 

  • Bagikan

Jayapura,(WAGADEI) – Unit Pelayanan Terpadu Daerah,Sanggar Kegiatan Belajar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (UPTD SKB DIKPORA) kabupaten Dogiyai Kelas Menjahit menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Menjahit yakni Menjahit Sol Sepatu dan Menjahit Pakaian, juga pengolahan kue dari bahan ubi jalar Oleh Tutor UPTD SKB DIKPORA Dogiyai, Stevanus Iyai dan Maria Eria di Aula SMP YPPK St. Fransiskus di Moanemani, pada rabu-kamis,(17-18/11/2021).

 

Kegiatan pelatihan ini dihadiri 30 peserta laki dan perempuan yang terdiri dari kalangan masyarakat di kabupaten Dogiyai.

 

Kepala pelaksana UPTD SKB Dikpora Kabupaten Dogiyai,Stevanus Iyai, kepada media ini via seluler mengatakan, pelatihan seperti ini sangat penting bagi masyarakat. banyak hal yang bisa kita kelolah untuk memperbaiki ekonomi masyarakat tapi kita tidak sadari selama ini.

 

” Kegiatan ini sangat penting. Ada banyak sekali hal di sekitar kita, yang sebenarnya berguna tapi sering kita biarkan hanya karena kita tidak kreatif. Maka sudah saatnya masyarakat di bekali ilmu-ilmu seperti Jahit sepatu, jahit pakaian dan membuat kue dari bahan ubi jalar untuk memperbaiki ekonomi masyarakat,” tuturnya.

 

Lanjutnya, kegiatan pelatihan seperti ini, kita tidak bisa biarkan masyarakat berkembang sendiri.harus di bimbing terus hingga masyarakat lebih mandiri menciptakan suatu karya yang diminati banyak orang.

 

Ia berharap, dengan membekalii ilmu seperti ini, masyarakat bisa berdiri diatas kaki sendiri dan lebih kreatif menghasilkan sesuatu dari bahan-bahan yang berada di sekitarnya.

 

” Kita bagi ilmu dengan besar harapan masyarakat bisa lebih mandiri dan percaya diri untuk kembangkan kreativitas dari bahan-bahan yang ada disekitar kita,” harapnya.

 

Benny Goo, pendiri UPTD SKB Dikpora Dogiyai menambahkan, SKB Dikpora Dogiyai melaksanakan Pelatihan Menjahit dan Masak Memasak. Untuk Menjahit dibagi dua yakni Menjahit Sol Sepatu dan Menjahit Pakaian sedangkan Memasaknya, masak Kue dari bahan ubi jalar.

 

Pendaftaran pelatihan ini dibuka bersamaan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Paket A, Kelas Paket B, dan Kelas Paket C.

 

” Didalam kegiatan pelatihan ini, setiap peserta dilatih untuk jahit sepatu,jahit pakaian dan olah kue dari ubi. Kelas ini juga di buka bersamaan dengan penerimaan peserta Didik baru kelas Paket A,B dan C,” tuturnya.

 

Ia berharap, sepulang dari pelatihan, setiap peserta di harapkan melanjutkannya sendiri agar bisa menjadi pengusaha kue dan penjahit.

 

” Setelah ini mereka harus mandiri buka toko kue dan penjahit di masing-masing kampung,” harapnya.

 

Disisi lain, pelatihan ini digelar untuk membangun kesadaran akan pendidikan non formal demi menghadapi pasar MEA dan pasar bebas dunia.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *