Cegah Gizi Buruk, Dinkes Nduga Edukasi Program Stunting 

  • Bagikan

Nduga, (WAGADEI) – Pemerintah Kabupaten Nduga melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) serius untuk mengeleminasi Stunting dengan berbagai program untuk memberikan edukasi serta berbagai stimulan agar tumbuh kembang anak tidak terkendala akibat gizi buruk atau Stunting.

Rahel Geiyangge, Kepala Bidang Kesehatan Kemasyarakatan Dinkes Nduga mengatakan, pihaknya telah melaksanakan program Sunting pada masyarakat pada Sabtu, (23/10/2021). Menurut dia, peningkatan kualitas tumbuh kembang anak, lanjutnya, tentunya akan menghasilkan generasi yang sehat sehingga masa depan bangsa bisa lebih gemilang.

“Kegiatan itu berlangsung dengan aman, kami usung tema ‘remuk aksi percepatan penurunan Sunting kepada masyarakat untuk mencegah gisi buruk’,” kata Rahel Geiyangge kepada media melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/10/2021).

Kegiatan tersebut kata Rahel, telah dihadiri Bupati setempat, Kepala Dinkes, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan DPRD setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Nduga, Amat Lokbore mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan kegiatan program Stunting. Kegiatan sendiri katanya ditangkap oleh bidang kesehatan kemasyarakatan pada dinas kesehatan.

“Program ini penting untuk sosialisasi kepada masyarakat. Supaya anak anak kami di Nduga semua sehat. Hari ini kami terima materi dari provinsi, selanjutnya kami akan lakukan lagi kepada masyarakat,” kata Lokbere.

Dirjen Kementerian Dalam Negeri, Moch Sodiq mengatakan, Stunting penting untuk masyarakat, supaya masyarakat tidak tertular gisi buruk. Terutama ibu yang mengandung dan anak anak pada usia pertumbuhan.

“Ibu menyusui yang baik maka anak kita akan sehat. Sehingga bapak bapak jangan marah marah sama ibu ibu. Kalau marah nanti anak yang kenah dampak,” kata Sodiq.

Kegiatan tersebut katanya, untuk mendorong supervisi dan monitoring dengan Pemerintah Kabupaten Nduga, bersama seluruh kepala distrik, kepala kampung dan masyarakat untuk menurunkan angka Stunting.

“Kegiatan ini intinya untuk mendorong program pemerintah, dalam rangka supervisi dan monitoring. Maka hari ini kami hadir di sini melakukan suatu kegiatan langsung dengan masyarakat tentang sunting dengan masyarakat langsung,” katanya.

Diharapkan, waktu mendatang tidak ada lagi generasi yang kenah Stunting.

Sementara, Bupati Kabupaten Nduga, Wentius Nemiangge mengatakan, Pemerintah tetap mendorong program Stunting untuk kebaikan masyarakat.

“Kami terus mendukung dan akan mendorong kegiatan ini. Kami juga sampai terima kasih kepada Tim Ta Program Stunting wilayah Papua, bersama rombongan yang hadir di Nduga,” katanya. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *