Aloysius Giyai minta warga Pegubin lebih percaya informasi dari Pemerintah

  • Bagikan
Seorang pengungsi dari Distrik Kiwirok ketika menyampaikan usul saran saat dialog dengan Bupati Spey Yan Bidana, Wakil Bupati Piter Kalakmabin dan Plt. Sekda drg. Aloysius Giyai - Ist/wagadei.com

Jayapura, (WAGADEI) – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), drg. Aloysius Giyai meminta kepada masyarakat agar harus lebih percaya kepada informasi yang diberikan pemerintah daerah, tokoh agama dan tokoh adat setempat.

Hal itu dikatakan Aloysius Giyai ketika ia bersama Bupati Spey Yan Bidana dan Wakil Bupati Piter Kalakmabin melakukan tatap muka dengan warga sipil yang mengungsi dari Distrik Kiwirok ke Oksibil pada beberapa waktu lalu pada Selasa, (26/10/2021) di posko pengungsian Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Masyarakat harus percaya informasi yang kami (pemerintah) tokoh adat dan tokoh agama sampaikan, daripada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujar drg. Aloysius Giyai melalui keterangannya, Rabu, (27/10/2021).

Sebab menurut Giyai, kehadiran pemerintah dan gereja sejak dulu selalu menciptakan suasana kondusif bagi masyarakat agar hidup tenang, bukan sebaliknya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pengalaman kejadian Kiwirok tidak akan terulang lagi ke depan. Sebab Pegunungan Bintang ini sejak dulu aman, tak pernah ada kejadian seperti ini.

“Saya siap bantu Pak Bupati dan Wakil Bupati untuk bersama-sama kita bangun Pegunungan Bintang dalam suasana damai, aman dan nyaman,” ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini. Wabup Piter Kalakmabin mengatakan, pihaknya memutuskan sebelum bulan Desember 2021 bakal memulangkan warga ke kampung halaman di Kiwirok.

“Kami baru saja lihat seluruh keluarga yang mengungsi di sini dan sudah kami drop (antar) juga logistik. Tujuan kami bersama Bupati dan Sekda ke sini hari ini adalah ingin melihat dan berdialog dengan mereka. Kami akan diskusi dengan tokoh-tokoh, dengan harapan sebelum Desember ini, mereka bisa sudah pulang ke kampung halamannya di Kiwirok,” kata Wabup Piter Kalakmabin. (*)

 

 

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *