Pimpin Rapat Perdana, Ini Kata drg. Aloysius Giyai kepada Pimpinan OPD

  • Bagikan
Plt. Sekda Pegunungan Bintang drg. Aloysius Giyai didampingi Bupati dan Wabup menggelar rapat perdana bersama para pimpinan OPD, Senin, (25/10/2021) - Ist

PltJayapura, (WAGADEI) – Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Pegunungan Bintang drg. Aloysius Giyai langsung menggelar rapat perdana bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) didampingi Bupati Spei Yan Bidana dan Wakil Bupati, Piter Kalakmabin usai dilantik menjadi Plt Sekda setempat.

Kesempatan itu dengan tegas drg. Aloysius Giyai meminta para kepala OPD untuk menyiapkan beberapa poin penting yang akan dievalusi bersama pada Rabu (27/10/2021).

Baca: https://wagadei.com/2021/10/25/tiba-di-pegunungan-bintang-aloysius-giyai-disebut-sebagai-hadiah-dan-energi-baru/

“Tolong semua pimpinan OPD catat, pertama, hari Rabu lusa, saya minta semua kepala OPD daftar nominatif pegawai masing-masing dengan struktur, jabatan organisasi dan tupoksinya,” kata drg. Aloysius Giyai tegas.

Tujuannya lanjut mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini agar sama-sama meningkatkan disiplin dan kinerja. Dan juga siapkan kurva atau presentase pencapaian realisasi fisik dan penyerapan anggaran DPA APBD induk 2021 tiap OPD, berapa pekerjaan yang sedang berjalan, mana yang belum diserap.

“Dan itu untuk kita sama-sama menyusun KUA PPAS program tahun 2022 diprioritaskan sesuai visi misi bupati dan wakil bupati dan menjawab. Keempat, buat job description bagi seluruh staf di OPD,” kata Aloysius.

Menurutnya, dalam rangka menyiapkan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) 2022, seluruh OPD harus menyusun perencanaan yang matang, terutama program-program prioritas untuk mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati serta menjawabi kebutuhan pelayanan masyarakat, bukan berdasarkan pada keinginan pribadi pimpinan OPD atau kegiatan rutinitas yang bukan menjadi solusi kebutuhan pelayanan publik.

“Bappeda, Keuangan, dan Inspektorat, ini jadi perhatian utama dalam penyusunan APBD Induk 2022, sejauh mana APBD Perubahan 2021, dan juga sistem pelaporan keuangan yang terus alami perubahan harus di-update. Kita akan duduk bersama bicara ini. Bapak Bupati sudah sampaikan tadi soal adanya anggaran defisit Rp 60 miliar tahun ini, ke depan tidak boleh lagi terjadi,” tegas mantan Direktur RSUD Jayapura ini.

Wakil Bupati Piter Kalakmabin menegaskan bahwa track record Aloysius Giyai di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua sangat bagus.

Oleh karena itu, ia meminta setiap arahan dari Aloysius selaku Plt. Sekda Pegubin yang baru harus diikuti oleh masing-masing kepala OPD dan seluruh bawahannya.

“Hari Jumat kemarin (pernah) saya sidak (inspeksi mendadak) ke beberapa dinas, jangankan kepala dan sekretaris, tukang sapu saja tak ada. Ini tak boleh lagi. Pak Aloysius sudah datang bawah energi baru buat kita, mulai sekarang ikut arahannya, terutama susun APBD induk 2022 dan Januari 2022 kita sudah tetapkan,” kata Kalakmabin.

Sekedar diketahui, Plt. Sekda Aloysius Giyai dan ibu bersama Bupati Spey Bidana tiba sekitar jam 11.00 WP dengan Pesawat Trigana Air Service dari Jayapura. Ratusan warga dan ASN menyambut mereka di bandara Oksibil. Acara ditutup dengan makan bersama barapen (bakar batu) ala Pegunungan Tengah Papua.

Selamat bertugas di Bumi Okmin, Giyaamoye Aloysius! (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *