Budayakan baris-berbaris di SD Inpres Abaugi

  • Bagikan
Siswa SD Inpres Abaugi saat baris-berbaris menggunakan kostum sekolah - Yudas Magai/wagadei.com

 

Dogiyai, (WAGADEI) – Pelatihan baris-berbaris di SD Inpres Abaugi, Kampung Megai Kebo, Distrik Mapia Tengah, Kabupaten Dogiyai bertujuan untuk meningkatkan kekompakan gerakan dan kedisiplinan di kalangan siswa. Dengan latihan ini diharapkan tertanam sikap disiplin pada para siswa.

Selain itu, baris-berbaris ini merupakan kerja nyata dari Kepala SD Inpres Abaugi.

“Semuanya tidak mungkin langsung tahu, tetapi semuanya lewat proses. Maka atas inisiatif baik dan sikap yang terbuka dari Kepala SD Inpres Abaugi,” kata Daniel Edowai, salah satu guru honorer SD Inpres Abaugi.

Menurut dia, Kepala SD Inpres Abaugi, Titus Magai baru diangkat tetapi semuanya di lingkungan SD baik.

Para siswa, lanjut dia, sangat antusias mengikuti latihan baris-berbaris tersebut. Meski berada di jauh perkampungan, namun mereka tetap semangat dan konsentrasi mendengarkan semua arahan dan petunjuk yang disampaikan pelatih atau guru.

“Baris berbaris adalah salah satu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin dan membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada bentuknya suatu watak tertentu,” ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dogiyai melalui Dinas Pendidikan karena bagi guru honorer dan masyarakat setempat mengaku sangat tepat sosok Titus Magai.

“Terimahkasih Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dogiyai, pak Yudas Tebai. Yang kami mau itu kepala sekolah yang generasi muda dan berjuang untuk masa depan bagi generasi penerus,” ucapnya.

Ia mengatakan, latihan PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah. Yaitu, melatih daya konsentrasi, melatih kekompakan dalam gerakan, belajar mendengar aba-aba perintah dan patuh serta belajar untuk mengatur emosi.

Ben Magai, guru honorer lainnya mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang bagus. Ini karena baris berbaris mengajak siswa untuk saling bekerja sama serta melatih disiplin.

“Baris berbaris sangat bagus untuk membentuk mental dan disiplin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SD Inpres Abaugi Titus Magai mengatakan, kegiatan ini sangat positif sekali karena sebagai upaya melatih kedisiplinan. Serta dalam rangka pembinaan generasi muda untuk meningkatkan kesadaran pribadi maupun kelompok.

Menurut dia, baris berbaris juga bisa untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman.

“Itu agar bisa hidup disiplin dalam segala hal. Sehingga, dapat dijadikan bekal bagi kehidupan di masyarakat, bangsa dan negara. Jadi bisa dijadikan bekal untuk memupuk dan meningkatkan disiplin dalam kehidupan,” kata dia. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *