Camat di Yahukimo dituduh TPNPB masih ditahan diminta dibebaskan

Benny Murib, aktivis kemanusiaan Papua - Yulianus Magai/Wagadei

Jayapura, (WAGADEI) – Kepala Distrik Wusama, Etius Baye dan seorang warga sipil Yem Baye yang masih ditahan hingga sekarang di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) kabupaten Yahukimo, Dekai, setelah ditangkap aparat keamanan Indonesia akibat dituduh bagian dari TPNPB-OPM diminta segera dibebaskan tanpa syarat.

Hal ini diminta aktivis kemanusiaan Papua, Benny Murib, sebab dinilai penangkapannya sewenang-wenang alias (mereka) tidak seperti yang dianggap.

“Mereka hanya masyarakat biasa. Mereka tidak sama sekali seperti yang dipikirkan bagian dari TPNPB-OPM. Kami minta aparat keamanan segera bebaskan mereka tanpa syarat,” ujarnya kepada wagadei.com melalui sambungan selulernya, Rabu (29/9/2021).

Penangkapan pada 28 Agustus 2021 lalu, pukul 20.00 malam di jalan Kurima Kali Biru, Dekai dengan cara menggeledah rumah itu, benar-benar kembali ditegaskannya sangat tidak benar. Mereka berdua sebelumnya ditangkap bersama enam warga sipil lainnya yang sudah dibebaskan diantaranya, Nas Baye, Selkinus Baye, Ikut Baye, Marten Murid, Jemunus Murid, dan Komol Murid.

“Jadi itu masalah politik pilkada Yahukimo. Mereka dilaporkan yang tidak-tidak oleh tim lawan pendukung bupati yang kalah, bilang mereka bagian dari pendukung TPNPB. Padahal tidak sama sekali, hingga ditangkap,” terangnya.

Tegasnya, demi penegakan hukum sesuai perundangan yang berlaku, Camat dan seorang warga sipil itu harus dibebaskan juga seperti lainnya.

“Bupati dan Kapolres, DPR Yahukimo mohon bebaskan keduanya. Apalagi Camat, dia itu murni kepala distrik, baru jadi PLT. Tidak ada sangkut pautnya dengan TPNPB. Tidak sama sekali. Kami keluarga minta sekali lagi tolong bebaskan segera. Apalagi bukti kesalahan mereka tidak ada,” harapnya.

Agar keduanya tidak berlama ditahan dalam bui, dia berharap berbagai pihak dapat ikut beri perhatian terutama dalam memberi bantuan hukum.

“Dan kami mendesak juga Kapolres Yahukimo segera tangkap informan yang laporkan informasi yang tidak-tidak itu segera,” tukasnya.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.