MK putuskan tolak seluruh gugatan Pemohon Yuda dan Fans Bro

  • Bagikan
Gedung Mahkamah Konstitusi RI di Jakarta - Ist

 

Nabire, (WAGADEI) – Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan menolak semua permohonan perkara yang diajukan pasangan calon nomor urut 1 Yuvinia Mote – Muhammad Darwis (Yuda) dengan Nomor Perkara 150/PHP.BUP-XIX/2021 dan pasangan calon nomor urut tiga FX Mote dan Tabroni Cahya (Fans Bro) dengan Nomor Perkara 150/PHP.BUP-XIX/2021.

Keputusan tersebut diambil pada sidang pengucapan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Nabire Tahun 2021, Rabu, (29/9/2021).

Sidang yang dipimpin Ketua MK RI, Anwar Usman didampingi delapan hakim MK RI lainnya dalam amar putusannya untuk nomor perkara 149/PHP.BUP-XIX/2021 menetapkan eksepsi termohon dan pihak terkait berkenaan dengan kedudukan hukum Pemohon beralasan menurut hukum.

“Menyatakan Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum,” katanya.

Dalam pokok perkara, pihaknya menyatakan permohonan Pemohon tidak dapat diterima.

“Menyatakan sah keputusan KPU kabupaten Nabire Nomor 223/PL.02.6-Kpt/9104/KPU-Kav/VIII/2021 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan penyelenggaraan PSU Pilbup Nabire tahun 2021, bertanggal 3 Agustus 2021,” ujarnya.

MK juga memerintahkan Termohon (KPU Kabupaten Nabire) untuk menetapkan pasangan Calon Terpilih dalam Pilbup Nabire tahun 2020.

Anggota KPU Kabupaten Nabire, Wihelmus Degey yang dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan jadwalkan sehabis pulang dari Jakarta.

“Kami pulang dulu,” ucapnya. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *