Dinas Lingkungan Hidup Lanny Jaya sosialisasi Perda Nomor 5 tahun 2018

  • Bagikan
Sekda Lanny Jaya Petrus Wakerkwa (tengah) didampingi oleh Yaberius Kogoya anggota DPRD (kiri) dan Silas Wenda Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Lanny Jaya - DLH Lanny Jaya untuk wagadei.com

Lanny Jaya, (WAGADEI) – Lingkungan hidup tidak terlepas dari seluruh kehidupan manusia di dunia ini. Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lanny Jaya menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2018 tentang pengelolaan lingkungan hidup.

“Lingkungan hidup tidak bisa diperpisahkan dari aktivitas sehari-hari baik oleh pemerintah dan masyarakat atau semua stakolder,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa dalam sambutannya ketika membuka resmi kegiatan sosialisasi di aula Kantor Bupati Kabupaten Lanny Jaya Papua, Jumat, (24/9/2021).

Petrus Wakerkwa memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup. Ia meminta harus menjaga lingkungan supaya manusianya selalu sehat dalam seluruh aktivitas apapun bentuknya.

“Lingkungan kurang bagus maka orang tidak bisa hidup. Orang tidak bisa berusaha, orang tidak bisa bekerja. Jika kita menggangu lingkungan maka dia (lingkungan) juga sering marah, bisa mendatangkan wabah, penyakit, bencana, dia bisa mendatangkan kelaparan, atau lain sebagainya. Kita harus jaga baik, kelola baik,” tuturnya.

Ia menambahkan, ada makna bagus jika manfaatkan sampah dengan baik. Kebanyakan sampah dibuang karena dianggap tidak berfungsi. “Tapi kalau kita kelola dengan baik, maka akhirnya kita bisa fungsikan juga,” ucapnya.

“Jadi sampah itu sisi lain bukan barang tidak baik, jadi kalau kurang baik itu hanya tidak kelola dengan baik,” katanya.

Anggota DPRD Lanny Jaya Yaberius Kogoya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, lindungi rumput, pohon, air dan manusia Lanny Jaya

“Jangan hanya bicara banyak diluar sana. Rumput, pohon, air dan manusia itu seperti apa kita lihat bersama. Lingkungan hidup itu sangat penting, yang lain-lain itu semua nomor kedua,” ujar Kogoya.

Kepala bidang Persampahan, Limbah Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lanny Jaya Arius Kogoya mengatakan, dilaksanakannya kegiatan tersebut merupakan mewujudkan visi dan misi Bupati Kabupaten Lanny Jaya tentang Lanny Jaya Mandiri, Cerdas, dan Sehat.

“Kami Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan sosialisasi tersebut agar 20 orang karyawan persampahan yang kami merekrut dan atribut-atribut persampahan yang kami siapkan akan dibagikan kepada mereka untuk mengelola, dan menjaga lingkungan dari Beam sampai Kuyawagi,” ujar Arius.

Arius Kogoya menegaskan, lingkungan merupakan titip untuk anak cucuk di masa-masa yang akan mendatang.

“Sehingga kami Dinas Lingkungan Hidup mengharapkan tanah kita, alam kita, baik komponen biotik maupun abiotik harus menjaga dengan baik,” bebernya. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *