Lagi, kontak tembak TPN-OPM versus TNI di Intan Jaya: Satu anggota TNI tertembak

  • Bagikan
Penembakan - Ist/Wagadei

Nabire, (WAGADEI) – Kontak tembak antara Tentara Pembebasan Nasional Papua Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) dengan aparat militer Indonesia TNI di kabupaten Intan Jaya, Papua, kembali terjadi. Kontak tersebut terjadi Minggu (12/9/2021), di desa Titigi, Sugapa.

Lewis Kogoya, komandan Batalyon Kodap VIII Ndulamo, dalam keterangannya menyatakan dalam kontak itu pihaknya berhasil menembak anggota TNI.

“Kami telah berhasil tembak satu orang TNI, kondisinya antara mati dan hidup,” ujarnya.

Ia meminta pihak TNI untuk harus berani menyampaikan ke publik tentang kondisi terakhir anggota yang ditembak. Apakah sudah meninggal atau hidup dalam keadaan kritis sebagai bentuk menghargai jasanya.

“Tidak boleh sembunyikan. Jasad yang telah gugur di medan pertempuran harus diumumkan meskipun kalah,” ujarnya.

Pihaknya menyayangkan sifat dan kelakuan negara Indonesia yang selalu menyembunyikan fakta perang yang sebenarnya di lapangan. Ia menilai itu sebagai bentuk kekalahan melawan pihaknya dan sekaligus permalukan institusi militer dimuka publik dunia.

Meski begitu, pihaknya menegaskan tidak akan pernah mundur sejengkal pun melawan militer kolonial Indonesia hingga cita-cita merebut kemerdekaan terwujud penuh.

“Maka kami imbau kepada seluruh rakyat Papua dari Sorong hingga Samarai tetap solid melawan militer Indonesia. Jangan sekali-kali menyerah,” ajaknya.

Imbauan tersebut dikeluarkan dibawah pimpinan panglima daerah Ayub Waker, wakil panglima Sabinus Waker dan dibawah pimpinan komando operasi Mayor Jenderal Gusby Waker.

Terkait kontak tembak ini, hingga berita ini naik belum keterangan yang disampaikan secara resmi oleh pimpinan TNI dalam hal ini Pangdam Cendrawasih Papua.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *