PHP Dev Cloud Hosting

Jelang PON Papua mahasiswa PGSD Uncen bersihkan Pantai Holtekamp

  • Bagikan
mahasiswa Uncen Papua
Mahasiswa Prodi PGSD Fakultas FKIP Uncen foto bersama usai pembubaran panitia dan baksos di Pantai Holtekam, Minggu (12/9/2021) – Wagadei.com/IST

Jayapura (WAGADEI) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih (Uncen) melakukan bakti sosial (baksos) dengan membersihkan kawasan Pantai Holtekamp, Kota Jayapura, Papua, untuk menyongsong pelaksanaan PON (Pekan Olahraga Nasional) XX Papua yang dihelat Oktober mendatang.

Selain dalam rangka mendukung pelaksanaan PON XX di Bumi Cenderawasih, baksos yang dilakukan pada Minggu (12/9/2021), dan diikuti sekitar seratus mahasiswa ini, juga dilakukan dalam rangka pembubaran Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Ketua Komisariat PKKMB Prodi PGSD Uncen, Azaria Ohoitawun mengatakan, pihaknya membersihkan kawasan pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan Kota Jayapura yang bersih dan dukungan atas pelaksanaan PON XX di Provinsi Papua. Menurut dia, kawasan pantai merupakan lokasi wisata, sehingga kebersihannya harus tetap dijaga, agar dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

“Kami membersihkan [pantai] ini karena kepedulian terhadap [kawasan] wisata di Papua. Untuk menyongsong PON XX, salah satu [kawasan yang kami peduli] adalah pantai yang kami bersihkan, karena bagi kami menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia,” ujar Azaria kepada Wagadei.com melalui pesan WhatsApp, Minggu (12/9/2021).

Dia berpendapat, di tengah pandemi virus korona atau covid-19, warga Kota Jayapura harus tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungannya meski tetap melakukan protokol kesehatan (prokes), sesuai anjuran pemerintah.

Ketua Penggerak Pembersihan Pantai Prodi PGSD Uncen, Alam Aganugraha meminta kepada masyarakat Kota Jayapura untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan Pemerintah Kota Jayapura.

Dia menilai banyak sampah bertebaran di Kota Jayapura, terutama kawasan pantai. Pihaknya bahkan mengangkut sekitar 15 karung sampah dari Pantai Holtekamp. Sampah-sampah yang diangkut adalah potongan kayu, ranting-ranting, buah dan sabut kelapa, serta sampah-sampah plastik.

Alam melanjutkan, mereka juga melakukan baksos dalam rangka mempererat tali persahabatan dan meningkatkan kekompakan antara para yunior (mahasiswa baru) dan mahasiswa senior atau kakak-kakak tingkat pada Prodi PGSD Uncen. Oleh karena itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada ketua prodi yang mengizinkan pihaknya melakukan PKKMB dan baksos di Holtekamp di tengah pandemi covid-19.

“Terima kasih juga kepada alumni dan senior, serta semua mahasiswa/i PGSD,” kata Alam.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *