PHP Dev Cloud Hosting

Bangun rumah Pastori, BPH Klasis Aga Barat Jemaat Bastaida Kenepugi gelar Eba Mukai

  • Bagikan
Suasana Eba Mukai dalam rangka pembangunan rumah Pastori Jemaat Bastaida Kenepugi, Klasis Aga Barat pada ibadah bulanan - Foto: Yohanes Nawipa

Paniai, (WAGADEI) – Badan Pengurus Harian (BPH) Klasis Aga Barat, Jemaat Bastaida Kenepugi menggelar Eba Mukai atau alas tikar guna membangun sebuah rumah Pastori yang biasanya ditempati Hamba Tuhan.

Eba Mukai itu bertepatan dengan program kerja BPH Klasis Aga Barat tahun 2021 dalam setiap bulan menjalankan doa bulanan, sehingga melalui serangkaian itu dilaksanakan acara Eba Mukai.

Kegiatan tersebut dihadiri Badan Pengurus Klasis, para Hamba Tuhan, mewakili Pemerintah Kabupaten, Distrik, Legislatif, tamu, undangan, Apikopa, Yamekopa dan seluruh jemaat setempat.

Ketua panitia pembangunan rumah Pastori, Dolfina Nawipa mengatakan, usai ibadah dilanjutkan dengan Eba Mukai sehingga hasilnya terkumpul Rp 146.900.46.000 (Seratus Empat Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Empat Puluh Enam Ribu Rupiah).

“Dan hasil itu juga Badan Pengurus Klasis Aga Barat langsung serahkan kepada panitia pembangunan rumah Pastori untuk melanjutkan sisa pembangunan tersebut,” kata Dolfina Nawipa.

Nawipa menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Badan Pengurus Klasis Aga Barat karena telah menyediakan waktu doa bulanan.

“Sehingga lewat itu kami bisa medapat bantuan sumbangan bahan bangunan dan dana agar kami punya kebutuhan pembangunan ini bisa cepat selesai dalam kurung waktu yang di tentukan oleh panitia dan jemaat,” kata Nawipa.

BPH Klasis Aga Barat Pdt.Yulius Degei, menyampaikan kegiatan doa bulanan adalah salah satu program kerja prioritas dalam setiap bulanan dan itu juga selalu giliran setiap jemaat sehingga bulan September 2021 jadwalnya di Jemaat Bastaida Kenepugi.

“Itu sehingga panitia pembangunan telah merencanakan dalam acara doa bulan ini mengisi dengan kegiatan aksi Eba Mukai sehingga hari ini bisa dilaksanakan dengan baik sesuai jadwal,” kata dia.

Eba Mukai kata dia, guna meringankan beban jemaat dalam pembangunan, sehingga ia berharap jemaat Bastaida bisa mendapatkan giliran kedua lagi.

Pasalnya, pembangunan Gereja atau rumah Pastori adalah bagian dari kebutuhan jemaat, maka semua jemaat selalu memberikan kesempatan bagi panitia agar jemaat bisa mendapatkan dana untuk guna meringankan beban pembangunan tersebut.

Awalnya pihaknya melakukan renungan Firman Tuhan yang diambil dari buku Ezra 5: 1-16 yang dipimpin oleh Pdt Yulius Degei selaku Ketua Klasis Aga Barat dan penerjemah Pdt Yakob Degei selaku gembala Jemaat Rehobot Iteuwo dengan tema “Maksud Tuhan supaya pembangunan cepat selesai”.

Sementara itu Melkias Degei, Kepala Distrik Topiyai mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai mengatakan Pemkab Paniai selalu memberikan bantuan kepada setiap Gereja di Paniai dalam pembangunan gereja bahkan rumah Pastori.

“Bapak Bupati Paniai juga selalu memberikan bantuan keagamaan kepada jemaat yang pernah ajukan permohonan, agar sebagian bisa tanggulangi dari bantuan pemerintah,” kata Degei.

Oleh karenanya, pihaknya sebagai perpanjangan tangan Pemkab Paniai sehingga kehadiran para pejabat pada kesempatan itu boleh menanggung beban secara bersama.

“Yang ada di tempat ini adalah orang pemerintah, kita bisa ambil bagian menanggung beban bangunan ini,” ucapnya. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *