KNPB tidak pernah menyerukan buat tindakan kekerasaan

  • Bagikan

Jayapura, (WAGADEI) – Komite Nasional Pembebasan Papua barat (KNPB) mempertanyakan kapan pihaknya menyerukan, mengajak dan melakukan kekerasan tindakan kekerasan di atas Tanah Papua.

 

Pasalnya setiap insiden yang terus menerus berdarah-darah di seluruh teritori West Papua, militer Indonesia selalu memberitakan aktor intelektual kekerasan di seluruh teritori West Papua adalah organisasi KNPB.

 

“Ini adalah kekeliruan Indonesia melalui militer Indonesia terutama Kepolisian Daerah (Polda) Papua dan Papua Barat dengan memanfaatkan setiap peristiwa,” kata Sekertaris KNPB Pusat, Omikzon Balingga kepada wagadei.com di balik selulernya, Senin, (6/9/10/2021).

 

Balingga mengatakan, Indonesia melalui Polda Papua dan Papua Barat terus pelihara metode lama Kepolisian yang selalu digunakan untuk kriminalisasi aktivis KNPB. Apalagi menggunakan media Nasional untuk menggiring opini publik untuk memanipulasi kesadaran masyarakat untuk membenarkan upaya kriminalisasi organisasi KNPB.

 

“Sejak organisasi KNPB ini didirikan, setiap peristiwa di seluruh teritori West Papua dialamatkan kepada KNPB. Jadi, yang menjadi pertanyaan; KNPB menyeruhkan tindakan kekerasan. Harus tahu, KNPB tidak pernah menyerukan melakukan tindakan kekerasaan,” ungkapnya tegas.

 

Ia menegaskan pihaknya selalu mendidik rakyat dengan perlawanan yang damai, bermartabat dan adil. KNPB bersama rakyat West Papua menuntut melakukan referendum secara damai melalui mekanisme Internasional yang adil, damai dan bermartabat.

 

“Sejak KNPB didirikan rakyat West Papua berjuang secara bermartabat dan damai. Indonesia melalui Militer dalam penyelidikan dapat mengutamakan prinsip-prinsip HAM untuk suatu keadilan dan kebenaran,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia menegaskan, Indonesia melalui Militer musti hentikan segala upaya untuk kriminalisasi organisasi KNPB, apalagi memanfaatkan media Nasional Indonesia untuk mengiring opini publik.

 

“Hentikan segala upaya pembenaran mencari legitimasi rakyat, rakyat lebih dahulu sudah mengetahui. Karena rakyat West Papua hari ini sedang berjuang secara bermartabat dan damai,” katanya. (*)

Penulis: Yulianus MagaiEditor: Aweidabii Bazil
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *