PHP Dev Cloud Hosting

Pemkab Paniai dibantu 53 tenaga kontrak dari Kemenkes

  • Bagikan
Para tim Nusantara Sehat Kemenkes foto bersama sebelum berangkat ke Paniai, Papua - Ist

Jayapura, (WAGADEI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai, Papua melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), hari ini Sabtu, (4/9/2021) telah menerima 53 tenaga kontrak Kesehatan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan,(Kabid SDK) Dinkes Paniai, Deki Ogetai bahwa tenaga kesehatan ini dijuluki tim Nusantara Sehat Kemenkes 2021 yang terdiri dari Dokter,Analis, Farmasi, Kesehatan Lingkungan (Keslin) dan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang akan ditugaskan di delapan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang tersebar di Kabupaten Paniai.

Kepada wagadei.com Deki mengatakan,sejauh ini pihaknya menilai orang asli Papua (OAP)  di Kabupaten Paniai kekurangan tenaga kesehatan di bidang dokter, analis, farmasi, kesling dan kesmas maka pihaknya berinisiatif bekerjasama dengan Kemenkes untuk mendapatkan tenaga kontrak kesehatan tahun 2021.

” Puji Tuhan, tahun 2020 Dinkes Paniai menyusulkan ke Kemenkes, keinginan kita datangkan tenaga kontrak dan baru dikabulkan Kemenkes pada tahun 2021 dengan mengirimkan kuota tenaga kontrak kesehatan di Paniai lebih banyak dibanding seluruh kabupaten dan kota di Papua. Dan ini akan ditugaskan langsung di delapan Puskesmas diantaranya Puskesmas Epouto, Uwaamani, Muyetadi, Bibida, Dei, Komopa, Biabomaida, dan Bogobaida,” kata Deki Ogeitai melalui selularnya, Sabtu, (4/9/2021).

Ia menjelaskan, tim Nusantara Sehat diberangkatkan oleh Kemenkes Jumat, 3 September 2021 melalui dua jalur penerbangan yaitu Timika dan Jayapura dan hari ini tim dijemput langsung oleh Bupati Paniai,Meki Nawipa dan Sekretaris Daerah (Sekda) Paniai, Anwar H. Damanik di Bandara Udara Nabire.

“Jadi tim berangkat bersama Bupati ke Enarotali, Paniai, Minggu, (5/9/2021) dan akan ditampung di Guest House Paniai. Selanjutnya mereka akan mengabdi di Paniai. Ini untuk memutuskan rantai kematian dan memperbaiki pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk menyentuh masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap kehadiran tim Nusantara Sehat terus dirasakan oleh masyarakat yang bersentuhan langsung dengan tenaga medis yang ahli di bidangnya masing-masing.

Bupati Paniai Meki Nawipa mengapresiasi tim Nusantara Sehat Kemenkes yang tiba pagi tadi di Bandar Udara Nabire dengan membawa misi yang baik untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Paniai.

“Terima kepada saudara-saudari yang datang dari jauh untuk mengabdikan diri di Paniai menjadi tenaga medis. Dan tolong masyarakatku,” ujar Bupati Nawipa.

Pihaknya berharap semua kalangan mendukung program pemerintah sehat dalam pelayanan kesehatan dengan melayani masyarakat Paniai melalui program Nusantara Sehat. (*)

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *