PHP Dev Cloud Hosting

Ketua Majelis Hakim nyatakan sidang akan dilanjutkan jika Victor Yeimo sehat

  • Bagikan
Victor Yeimo didampingi PH Emanuel Gobay SH MH saat tiba di RSUD Jayapura - Ist

 

Jayapura, [WAGADEI] – Sidang pembacaan dakwaan terhadap juru bicara internasional KNPB, Victor Yeimo di Pengadilan Negeri Jayapura yang seharusnya berlangsung pada Selasa (31/8/2021) kembali ditunda karena Yeimo sakit. Persidangan perkara pidana itu ditunda-tunda waktu sampai Victor Yeimo yang dirawat diinap di Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura, Kota Jayapura, Papua, dinyatakan sembuh.

Perkara pidana Victor Yeimo tercatat di Pengadilan Negeri Jayapura dengan nomor perkara 376/Pid.Sus/2021/PN Jap. Perkara pidana yang terkait dengan demo anti rasisme Papua pada 2019 itu diperiksa oleh majelis hakim yang diketuai Eddy Soeprayitno S Putra SH MH bersama hakim anggota Mathius SH MH dan Andi Asmuruf SH.

Sidang pada Selasa (31/8/2021) diagendakan untuk mendengarkan pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum terhadap Victor Yeimo. Namun harus ditunda untuk ketiga kalinya, karena Yeimo tengah sakit dan dirawat di Rumah Sakit Umum (RSUD) Jayapura.

Ketua Majelis Hakim, Eddy Soeprayitno S Putra SH MH menyatakan sidang akan dilanjutkan jika sudah dinyatakan sehat oleh dokter rumah sakit. “Sidang kami undurkan sampai dokter katakan bahwa sudah membaik,” kata Eddy.

Jaksa Penuntut Umum, Adrianus Tomana yang hadir secara berani menyatakan pada Senin (30/8/2021) akan menghadapi penangguhan tersingkir yang ditetapkan majelis hakim perkara itu. Tomana menyatakan bahwa baru melakukan pembantaran Victor Yeimo pada Senin, karena menunggu perintah dari atasannya.

Penetapan penangguhan penahanan dikeluarkan majelis hakim yang diketuai Eddy Soeprayitno S Putra SH MH pada Jumat (27/8/2021), mengikuti rekomendasi dokter agar Victor Yeimo dirawat inap di rumah sakit. Penasehat hukum Victor Yeimo, Emanuel Gobay menyatakan pembantaran itu akan berlangsung sampai dokter RSUD Jayapura menyatakan Victor Yeimo sehat.

“Mekanismenya, setelah dokter mengeluarkan keterangan Victor Yeimo yang diberikan kepada jaksa, jaksa akan menunjukkan kepada majelis kesehatan. Baru nanti hakim akan memberikan kepastian kapan sidang dilanjutkan,” ujar Gobay pada Selasa.

Gobay menyatakan pada Senin pukul 23.30 WP dokter pemasangan infus dan memberikan dua jenis obat kepada kliennya. Pada Selasa, Yeimo diperiksa oleh ahli paru-paru, namun Gobay belum mengetahui hasil pemeriksaan itu. (*)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *