Pemkab Dogiyai diminta bangun asrama permanen di Sorong

  • Bagikan
Mahasiswa Dogiyai di Sorong, Papua Barat - Ist

Mahasiswa Dogiyai di Sorong, Papua Barat

Nabire, [WAGADEI] – Ratusan mahasiswa Dogiyai yang sedang merajut pendidikan di kota Sorong, Papua Barat meminta Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Dogiyai membangun asrama permanen. Pasalnya selama ini mereka hanya tinggal di rumah kontrakan sehingga mengalami banyak kendala, salah satunya kapasitas ruangan yang tak memadai.

Badan pengurus harian [BPH] mahasiswa Dogiyai kota studi Sorong Raya, Yuliten Anouw mengaku kapasitas anggota yang sudah terdata berjumlah 286 mahasiswa. Menurut dia, mereka sebagai aset daerah tetapi nasibnya sangat diprihatinkan lantaran belum mempunyai asrama permanen.

“Jumlah anggota saya sebanyak 286 orang mahasiswa. Kontrakan Dogiyai yang ada, tidak cukup sehingga kebanyakan mahasiswa tinggal di kos,” kata Yuliten Anouw kepada wagadei.com, Jumat, [27/8/2021].

Ia mengaku, Pemkab Dogiyai mengontrak rumah warga jadikan asrama sudah sekian lama. Sepanjang itu, mahasiswa sering mengalami kekeliruan dalam jebakan Pemkab dan pemilik kontrakan.

Untuk itu, lanjut dia, sering pemerintah terlabat bayar (uang kontrakan), imbasnya pihaknya menjadi korban hingga harus patungan. Beberapa kali pemilik kontrakan keluarkan barang milik mahasiswa.

“Maka kami mau Pemda memiliki asrama permanen Dogiyai di Sorong supaya keluar masuk kita bebas dari beban,” katanya.

Kesempatan yang sama, salah satu anggota mahasiswa Paris Kegakoto berharap Pemda Dogiyai prioritaskan menjawab keluhan-keluhan yang dialami pihaknya.

“Tinggal di kontrakan dan kos sulit berkonsentrasi membenahi ilmu karena tekanan-tekanan. Oleh sebab itu, anggaran tahun 2021 pemerintah usahakan membangun asrama supaya kami bebas beraktivitas,” ujar Kegakoto.

Ia mengaku pihaknya telah lama menanti Pemda sebagai orang tua jawab kebutuhan pihaknya.

“Orang tua kita (Pemda Dogiyai) kapan datang menghapuskan air mata. Karena hedaknya suatu saat menjadi aktor perubahan kemajuan SDM dan SDA di Dogiyai,” ujarnya. (*)

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *