Laurenzus Kadepa : Pindahkan Victor Yeimo ke lapas ,Saya siap jadi jaminan

  • Bagikan
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa - Doc.Wagadei.com

Jayapura,[WAGADEI] – Anggota Komisi I, Dewan perwakilan rakyat [DPR] Papua, Laurenzus Kadepa mendesak, kepolisian daerah [Polda] Papua bersama kejaksaan tinggi [Kejati] Papua untuk pindahkan Victor Yeimo,Juru bicara Komite Nasional Papua Barat [KNPB] ke lembaga pemasyarakatan [Lapas] kelas IIA Abepura dan Ia siap menjadi jaminannya.

 

Hal ini disampaikan, Laurenzus Kadepa,Politisi Nasdem DPR Papua kepada wagadei.com via seluler,Minggu,[22/8/2021].

 

” Polda dan Kejati, Pindahkan Victor Yeimo ke Lapas Abepura secepatnya,saya siap jadi Jaminan. Bukan hanya saya, teman-teman anggota DPRP lain juga pasti ada yang siap jadi jaminan pemindahan Victor Yeimo ke tempat tahanan yang layak,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Kadepa menjelaskan, Saya siap jadi jaminan bukan berarti saya dukung dugaan tindak pidana yang didakwa terhadap Victor Yeimo. Saya lakukan ini murni karena saya lebih mengedepankan nilai kemanusiaan dengan melihat kondisi tubuhnya.

 

Menurut Kadepa,Victor Yeimo harus berada ditahanan yang layak supaya lebih gampang dikunjungi oleh keluarga dan kuasa hukumnya.

 

” Saat ini Victor Yeimo sakit,badannya sudah turun drastis.ia harus dirawat dan dikunjungi oleh keluarga,dan semua yang mencintainya kapanpun itu,” kata kadepa.

 

Kadepa berharap,Kejaksaan Tinggi [Kejati] Papua dan Kejaksaan Negeri [Kejari] Jayapura harus penuhi hak Victor Yaimo dan memperhatikan masalah kesehatannya.

 

” Victor Yeimo harus diberi kesempatan untuk berobat dan tidak memaksanya menjalani proses hukum dalam kondisi kesehatan yang memprihatinkan,” katanya.

 

Karena, menurut informasi yang beredar hasil pemeriksaan kesehatan pertama terhadap Victor Yeimo, belum serahkan kepada terdakwa dan kuasa hukumnya. Begitu juga pemerikasaan kesehatan selanjutnya. Ia berada di rumah sakit hari itu pun, tanpa didampingi pihak kejaksaan, padahal ia tahanan Jaksa.

 

Pihaknya menghimbau, Semua orang di Papua harus ciptakan suasana di Papua yang aman dan damai melalui proses hukum yang benar, adil dan bertanggung jawab.

 

Reporter     : Theresia F.F Tekege

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *