Dinas PPAD dikunjungi Rektor Unimuda Sorong bahas pendampingan program SMK-PK di Papua 

  • Bagikan

Jayapura,[WAGADEI] – Dinas pendidikan, perpustakaan dan arsip daerah [DPPAD], Provinsi Papua mendapatkan kunjungan dari  Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah [UNIMUDA] Sorong,Papua Barat, membahas  pendampingan program SMK Pusat Unggulan [SMK-PK] yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Maret 2021.

 

Yulianus Kuayo, Kepada Bidang SMK Provinsi Papua,Minggu,[22/8/2021] menjelaskan, Rektor Universitas Pendidikan Muhammadyah ( UNIMUDA) Sorong,Papua barat, telah melakukan kunjungan kerja ke Dinas PPAD Provinsi Papua, tanggal 16-22 Agustus 2021, dalam rangka membahas pendampingan program SMK-PK oleh Kemendikbudristek di 4 SMK penerima program SMK-PK diantaranya; SMKN2 bisnis dan manajemen Kota Jayapura, SMKN3 teknologi dan rekayasa Kota Jayapura, SMKN2 Mimika dan SMKS Yapis Timika. Adapun pendampingan program SMK PK untuk SMKN1 Sentani adalah dari Politeknik Negeri Ambon.

 

” Jadi, total penerima SMK-PK sebanyak 5 SMK dari 138 SMK di Provinsi Papua (data 31 desember 2020), yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek dengan 2 Perguruan Tinggi di Indonesia Timur sebagai pendamping program SMK-PK,”tuturnya.

 

Lanjut kuayo, Masing_masing SMK ditetapkan 1 Jurusan sebagai model rool dalam pelaksanaan program SMK-PK, sasaran siswa kelas X.

 

Ia berharap, Dengan adanya program SMK-PK ini, setelah siswa lulus dari SMK, minimal para siswa sudah memiliki kompetensi keahlian dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, juga siap dipakai di dunia Usaha dan dunia Industri [DUDI].

 

” Kita harap,setelah para siswa kelas X saat ini lulus nanti, selain mereka akan memiliki kompetensi keahlian yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) industri, yang paling penting adalah ada kepastian pekerjaan (wirausaha/ menciptakan kerja dan menjadi tenaga kerja siap pakai oleh DUDI serta berkompetisi melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi,” Imbuhnya.

 

Kuayo juga himbau, semua pihak terutama para pemegang kekuasaan organisasi perangkat daerah [OPD], untuk turut serta mendukung program ini dengan membantu memenuhi standar pembelajaran yang diperlukan disemua SMK-PK.

 

Seperti yang dilansir, unimudasorong.ac.id,rabu,[18/8/2021], Rektor Unimuda Sorong, Rustamadji mengatakan, Maksud dari kunjungan tersebut antara lain adalah untuk menyelaraskan program SMK-PK yang akan segera diimplementasikan di Provinsi Papua.

 

“kunjungan kami ini merupakan awal yang baik untuk memulai bersinergi bersama Sekolah Menengah Kejuruan yang hebat-hebat di kota Jayapura dan Timika. UNIMUDA bersama 26 program studinya kami siap untuk mendampingi bapak/ibu dalam mewujudkan salah satu program Mendikbudristek yaitu program SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 ini,”pungkasnya.

 

Mantan Kepala Dinas PPAD Papua,Cristian Sohilait, yang pada saat itu masih menjabat, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada UNIMUDA Sorong yang sudah siap untuk berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.

 

” Pemerintah provinsi Papua dalam hal ini Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah menyampaikan terima kasih kepada Rektor UNIMUDA beserta tim yang sudah hadir di Jayapura untuk bersama-sama membangun sumber daya manusia melalui program SMK PK ini. Program ini merupakan program yang sangat baik sehingga kami sangat mendukung dan kami juga turut menyelaraskan program ini agar imbas dari program ini akan semakin luas,” tuturnya.

 

Reporter    : Theresia F.F Tekege

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *