PHP Dev Cloud Hosting

Tetapkan dua Cawagub, semua pihak di Papua diminta hargai keputusan gubernur

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Seluruh pihak atau komponen di Papua harus menghargai keputusan gubernur Papua memilih wakil gubernur Papua. Tujuannya agar rakyat Papua tidak menjadi korban. Hal ini disampaikan masyarakat dan mahasiswa asal wilayah adat Lapago di Jayapura, Selasa (9/8/2021).

Unas Tabuni, mewakili masyarakat dan pemuda Lapago, mengatakan apa yang telah diputuskan gubernur Papua dalam menentukan wakil gubernur, semua komponen di Papua harus menerima.

“Pertama, kami rakyat dan mahasiswa dari wilayah Lapago sangat mendukung apapun keputusan yang sudah diambil gubernur Papua untuk memilih wakilnya. Dan kedua, kami juga meminta dan berharap kepada semua komponen yang ada di Papua untuk sama-sama hargai putusan gubernur Papua,” ajak Tabuni.

Dalam kepentingan politik birokrat di Papua selalu rakyat dilibatkan dan menjadi korban. Korban diantaranya, sebut Tabuni, harta benda, pertumpahan darah hingga hilang nyawa. Untuk itu semua pihak, ditegaskan, harus menghargai dengan tidak mengadu domba rakyat.

“Keputusan gubernur adalah sah dan terakhir. Pihak-pihak yang tidak senang dengan keputusan gubernur harus menahan diri dan terima dengan besar hati. Kasihan rakyat, rakyat selalu menjadi korban. Tidak boleh libatkan rakyat dalam hal ini,” tegasnya.

Hal ini terkait soal keputusan gubernur menetapkan dua calon wakil gubernur Yunus Wonda dan Kenius Kogoya, yang diusung Partai Koalisi Papua Bangkit Jilid II bersama empat calon lain tidak lulus, yakni Abock Busup, Befa Jigibalom, John Tabo, dan Paulus Waterpauw.

“Salah satu dari dua orang ini, setelah diajukan ke DPRP akan diseleksi dan kemudian nanti ditetapkan menjadi Wagub. Jadi mari biarkan DPRP atur. Jangan bikin kelompok sana sini tuk ciptakan konflik,” tegas Tabuni.

Supaya, lanjutnya, disisa masa kerja dua tahun pemerintah provinsi Papua dapat melaksanakan pembangunan sesuai program kerja.

“Ini waktu yang singkat. Apalagi kondisi gubernur Papua sendiri kurang fit setelah sembuh dari sakit. Kondisi ini harus kita semua mengerti,” ajaknya tutup.

Reporter: Yas Wenda

Editor: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *