Pelihara Solidaritas,IPPM-YDM main futsal libatkan senior,mahasiswa dan pelajar IPPM-YDM se-Indonesia

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI]- Demi menjaga solidaritas dan kebersamaan antara senior dan junior, Ikatan Pemuda Pelajar, Mahasiswa-mahasiswi Yatamo Deiyai Miyo [IPPM-YDM] se-Indonesia, menggelar acara main futsal bersama di lapangan futsal bumi Wonorejo,sabtu [7/8/2021] lalu.

 

Marco Tatago, intelektual IPPM-YDM kepada wagadei.com menjelaskan,bermain futsal bersama adik-adik ini digelar hanya untuk mempererat hubungan antar senior dan junior, juga sebagai bentuk pengenalan antara pelajar/mahasiswa di Papua dan Luar Papua.

 

” Ini hanya sebagai bentuk solidaritas saja untuk kita saling mengenal satu sama lain,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Marco menjelaskan,organisasi adalah sekelompok orang yang secara formal dipersatukan dalam suatu bingkai kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan bersama dalam organisasi.

 

Di tempat yang sama, Obet Youw mengatakan, kebersamaan dalam berorganisasi sangatlah penting, dimana didalamnya kita menyatukan ide dan buah pikiran yang kemudian diaksi nyatakan dalam pelayanan kepada orang lain.

 

” kebersamaan terasa sangat familiar di telinga kita “Khususnya bagi se⁶tiap individu yang berkecimpung dalam sebuah perhimpunan atau organisasi, Tapi terkadang kebanyakan dari individu masing-masing didalam kelompok tersebut tidak tahu atau melalaikan arti makna kebersamaan. Karenanya Kebersamaan itu sangatlah penting,” ungkap obeth.

 

Abraham Tekege, senioritas IPPM-YPM menegaskan, Kebersamaan memiliki 4 unsur yang harus di ciptakan dan dijaga oleh setiap individu yang bernaung di dalamnya,yaitu;

Pertama, Sehati dan sepikir

Dalam sebuah organisasi akan terdapar ribuan bahkan ratusan yang memiliki pendapat yang berbeda. Satu kepala satu ide, seribu kepala seribu ide. Namun jika ingin membuat suatu kelompok yang kuat nan solid maka selayaknya kepentingan bersama lebih di prioritaskan dari kepentingan pribadi tinggalkan perbedaan dan galang rasa persamaan akan mengantar suatu organisasi ketitik kesuksesan dapat berjalan dengan lancar.

 

Kedua, Tidak egois

Jika sifat ini ada dalam sebuah organisasi bisa dipastikan organisasi tersebut hanya punya program tapi tidak ada kegiatan alias jalan di tempat. Jika ingin memiliki organisasi yang solid maka wajib hukumnya untuk belajar menurunkan ego demi kepentingan bersama.

 

Ketiga,Kerendahan hati

Organisasi akan memiliki anggota yang hegemoni (campuran). Kerendahan hati akan menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompol yang terkotak kotak”

 

Keempat, Kerelaan berkorban

Setiap individu dalam sebuah organisasi akan memiliki sumbangsih yang berbeda beda. Perbedaan sumbangsih jangan sampai membuat gesekan negatif yang bisa.merambat pad perpecahan.

 

Lanjutnya, Didalam ekstra ini kami diajarkan rasa kebersamaan dan kekompakan agar bisa tertanam didalam jiwa kami. Setiap kegiatan pasti kita membutuhkan rasa itu seperti makan bersama, yel yel-yel kita, “IPPM-YDM! Kumpulan, hidup, bangkit, tetap jaya”.

 

Reporter      : Musa Dumukoto

Editor           : TFFT

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *