Jakarta diminta “stop” ikut campur dalam isu jabatan Wagub Papua

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Jakarta atau pemerintah pusat diminta dengan tegas tidak mencampuri urusan rumah tangga pemerintah provinsi Papua terkait isu jabatan wakil gubernur Papua. Pemerintah provinsi Papua memiliki kewenangan penuh dalam hal tersebut tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Ketegasan ini disampaikan ketua organisasi Ikatan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa Mee (IPPMEE), Minggu (8/8/2021), di Jayapura kepada wagadei.com, sebab terkesan sekali soal hal apapun di Papua selalu diintervensi pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat stop ikut campur dalam isu pergantian jabatan Wagub Papua. Itu masalah daerah, biarkan pemerintah Papua yang selesaikan,” tegasnya.

Dikatakan, gubernur Lukas Enembe memiliki hak mutlak menentukan figur siapa yang cocok menurutnya untuk mendampinginya. Tidak bisa dan tidak boleh pihak lain mencampuri.

“Kami selalu ikuti, ada pihak-pihak tertentu di Papua yang selalu dan selalu ikut campur dalam hal apapun yang terjadi di Papua. Ini kan tidak boleh. Kami minta pihak-pihak itu stop. Biarkan Lukas yang tentukan sendiri cari wakilnya dengan leluasa,” tandasnya.

Kelompok-kelompok tak bertanggungjawab tersebut kerjanya, menurutnya, memecah belah persatuan antara orang Papua gunung dan pantai.

“Itu yang nampak. Yang tidak nampak banyak. Bikin kami orang Papua selalu baku marah. Padahal biangnya adalah pihak-pihak itu. Untuk itu saya dengan tegas mau sampaikan stop. Dan untuk kita orang Papua jangan pernah mau terpengaruh,” pintanya.

Gubernur, supaya roda pemerintahan berjalan baik dimana pembangunan benar-benar dapat dirasakan sesuai keinginan masyarakat bukan negara, diminta agar memilih Wagub yang tepat.

“Tidak hanya banyak pengalaman kerja tapi punya kepribadian baik dalam membela masyarakat seperti gubernur yang harus bapak Lukas pilih. Jangan yang nantinya pentingkan diri sendiri dan kelompok. Kenapa karena orang Papua sekarang lagi haus pemimpin yang berpihak dalam segala hal,” imbuhnya.

Reporter: Yulianus Magai

Editor: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *