Demi wibawa NKRI, Polda Papua diminta bebaskan Victor Yeimo

  • Bagikan

 

Jayapura, [WAGADEI] – Demi kemanusiaan dan kewibawaan Negara Kesatuan Republik Indonesia [NKRI] didesak agar segera bebaskan Victor Yeimo, aktivis pejuang Kemerdekaan Papua yang ditangkap tanpa dasar, bukti, dan saksi materil.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum KNPB Pusat, Agus Kossay bahwa jika juru bicara internasional KNPB Pusat itu ditahan lantaran aksi rasisme kedua tahun 2019 lalu yang berujung pada aksi-aksi spontan di seluruh teritori West Papua maka sangat tidak masuk akal.

“Karena kami berujung pada kematian puluhan rakyat West Papua, penangkapan, penyiksaan kepada ribuan rakyat West Papua bahkan pemenjaraan puluhan rakyat dan tujuh Tapol menjalani proses hukum di Balikpapan. Rakyat west Papua bukan pelaku rasisme!,” tegas Agus Kossay melalui keterangan tertulis yang redaksi wagadei.com, Rabu, [4/8/2021].

Ia menjelaskan, rakyat West Papua adalah korban atas ujaran Rasisme. Dalang demonstrasi besar-besaran di seluruh teritori west Papua dan kerusuhan bukanlah rakyat West Rakyat. Rakyat West Papua menjadi akibat dari sebab yang terpusat di Surabaya, dan sekitarnya.

“Semua komponen rakyat we6st Papua telah melakukan perlawanan dan protes atas ujaran rasisme. Secara hukum dan secara organisasi wakil seluruh komponen rakyat West Papua Agus Kossay, Buchtar Tabuni, Steven Itlay, Alex Gobay, Ferry Gombo, Hengky Hilapok dan Irwanus Uropmabin sudah diproses hukum. Itu sudah selesai! Tidak perlu ungkit lagi,” ungkapnya y.

Oleh karenanya, ia menegaskan pihaknya bersama semua komponen rakyat West Papua mendesak kepada Indonesia agar bebaskan Victor Yeimo.

Pembebasan tahanan dan narapidana politik merupakan tindakan darurat, mengikuti berbagai negara yang sudah melakukan pembebasan untuk menghindari dan melawan pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

“Oleh karenanya segara bebaskan juru bicara internasional KNPB,” ucapnya.

Jika Yeimo, cs masih ditahan tanpa saksi material sebagai tersangka kasus rasisme 2019, ia mengaku, Indonesia sendiri sedang hidupkan kembali rasisme yang telah selesai.

“Dan KNPB akan memobilisasi rakyat West Papua untuk melawan rasisme dan pembebasan Victor Yeimo,” katanya tegas. [*]

Reporter: Yulianus Magai
Editor: Uka Daida

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *