Akhiri Pro dan Kontra soal Otsus, mari bangun Papua bersama

  • Bagikan

 

Jayapura, [WAGADEI] – Pro dan kontra soal penetapan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus [Otsus] Papua merupakan suatu hal yang biasa namun semua pihak harus segera akhiri atas perbedaan dan mari berjuang bersama demi membangun Papua ke arah yang lebih baik dari semua sisi.

“Mari kita bangun tanah dan rakyat Papua, dengan visi kita masing-masing agar orang asli Papua tidak punah di negerinya sendiri,” ungkap Wakil Ketua Pansus Otsus Papua, Yan Permenas Mandenas, Senin, [26/7/2021].

Ia mengatakan, semua pihak harus berkaca dari banyak negara di belahan dunia bahwa untuk mencapai kesejahteraan rakyatnya sangat membutuhkan waktu 150 hingga 300 tahun.

“Untuk itu, mari selamatkan generasi emas Papua dan anak cucu kita lewat karya nyata,” katanya.

Selaku wakil rakyat, dirinya sangat menghargai pendapat yang disampaikan oleh sejumlah elemen masyarakat Papua.

“Kami menghargai hal tersebut. Itu adalah hak mereka untuk menyuarakan pendapat. Dan tidak bisa dipungkiri, protes memang bagian dari dinamika berdemokrasi dan bernegara,” ujarnya.

Mandenas lantas menjelaskan, masyarakat Papua untuk mengetahui bahwa perjuangan Tim Pansus dalam proses Perubahan Kedua UU Otsus Papua sudah melalui mekanisme yang konstitusional.

Selama ini aspirasi yang dikemukakan banyak pihak telah Tim Pansus dengar dan tampung, bahkan agenda konsultasi dan komunikasi publik telah dilakukan.

Diakuinya semua kehendak masyarakat Papua memang tidak bisa sepenuhnya diakomodir oleh Pemerintah karena satu dan lain hal, artinya memang pasti ada debat, diskusi serta kompromi. [*]

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *