PHP Dev Cloud Hosting

SPPMY sebut Otsus di Papua Ilegal

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Solidaritas Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo [SPPMY] di Jayapura menyatakan sikap atas diberlakukannya Undang-undang Otonomi Khusus [Otsus] oleh Pemerintah Pusat melalui DPR Republik Indonesia.

AWY Pahabol,alah satu senior SPPY di Jayapura mengatakan pembahasan dan penetapan itu tanpa melibatkan yang persengketa dengan Jakarta karena bagi pihakny Otsus bukan solusi untuk penyelesaian kasus pelanggaram HAM di Papua.

“Otsus kami sudah tolak, sudah tolak melalui Petisi Rakyat Papua [PRP] aupun aksi-aksi di mana-mana, tidak hanya kami Yahukimo tapi juga seluruh Papua, maka bagi kami Otsus disahkan di tanah Papua ilegal,” kata AWY Pahabol dalam jumpa pers di asrama Yahukimo kota Jayapura, Sabt,[24/7/2021].

Ia menegaskan, tidak melibatkan rakyat Papua dan tidak mau dengarkan aspirasi rakyat Papua yang sudah tolak Otsus melalui PRP. “Maka itu pemerintah daerah segera mencari solusi untuk mengakhiri penderitaan ini,” ujarnya.

Ketua SPPMY se Jayapura, Messi Silak mengatakan Otsus di Papua lanjutkan versi Jakarta tanpa melibatkan orang asli Papua. Ia menegskan piihanya memberikan warning kenapa  Pemerintah Kabupaten Yahukimo atas dukungan perpanjangan Otsus yang dilakukan oleh Jakarta bukan solusi untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM di Papua

“Pemerintah Kabupaten Yahukimo stop paksa dengan mengatasnamakan rakyat untuk terima perpanjangan Otsus. Dengan tegas kami mengutuk dan menolak  segala acaman bentuk program negara Kolonial Indonesia yang hanya menguras dan mengkerum kekayaan alam kami di Kabupaten Yahukimo, dan pada umumnya di Papua,” ungkapnya. [*]

 

Reporter: Yulianus Magai

Editor: Uka Daida

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *