ULWP: Genap! Otsus untuk rakyat Indonesia, Aceh hingga Amboina

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Direktur Eksekutif ULWP, Markus Haluk menyatakan Otonomi Khusus kini bukan lagi sebagai Otsus Papua, melainkan Otsus Indonesia. Hal itu sudah berlaku sejak 13 JulI 2021 pasca pengesahan 15 Juli 2021.

Haluk mengatakan melihat proses dan dinamika dari pembahasan hingga pengesahan UU Otonomi Khusus oleh pemerintah Indonesia sesungguhnya dilakukan untuk kesejahteraan dan kemakmuran pemerintah Indonesia itu sendiri. Yakni untuk presiden sampai semua para elit birokrat pemerintah.

“Melihat dinamika Otsus dari proses pembahasan hingga hasil yang telah dilakukan Pansus DPR RI, sesungguhnya benar bahwa dibuat hanya untuk kesejahteraan dan kemakmuran elit birokrat Indonesia dari presiden hingga semua anggota DPR RI itu sendiri. Bukan untuk rakyat Papua, melainkan untuk kesejahteraan mereka dan anak cucu mereka,” ujar Haluk dalam keterangannya, Kamis (25/7/2021).

Dan umumnya, lanjut Haluk, adalah untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia dari Aceh sampai Amboina, sebagaimana sesuai paham demokrasi Indonesia yang pernah dicetuskan bahwa kemakmuran dan kesejahteraan oleh pemerintah dan wakil rakyat Indonesia diperuntukkan untuk bangsa dan rakyat Indonesia dari Aceh sampai Amboina.

“Genaplah prokalamasi Indonesia 17 Agustus 1945 oleh pemimpin Indonesia Soekarno-Hatta atas nama dan untuk Rakyat Indonesia dari Aceh sampai Amboina. Maka sekarang Otsus bukan lagi Otsus Papua tapi Otsus Indonesia,” ungkapnya.

Haluk juga menyatakan berbicara tentang sikap dan arah posisi bangsa Papua tentang adanya pemberlakuan Otsus baik dari jilid 1, 2 dan juga UU No.12 thn 1969, bahwa bukanlah solusi bagi rakyat Papua.

“Hanya satu kata tolak dan bergerak bersama mewujudkan hak penentuan nasib sendiri bagi Bangsa Papua. Inilah yang selalu dan selalu sudah dan akan terus diminta oleh rakyat Papua,” pungkasnya. [*]

Reporter: Norbertus Douw

Editor: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *