Kasus Corona naik signifikan di Paniai, Pemkab segera berlakukan PPKM mikro

  • Bagikan
Bupat

Jayapura, [WAGADEI] – Pemerintah Kabupaten Paniai bakal memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro selama 20 hari ke depan terhitung tanggal 12 hingga 31 Juli 2021. Hal tersebut dilakukan lantaran kasus Covid-19 di Paniai naik dua kali lipat dalam dua pekan terakhir.

Bupati Paniai Meki Nawipa kepada wagadei.com menyampaikan sejak tanggal 26 Juni sampai 10 Juli 2021, pasien Covid-19 di Paniai mencapai 55 orang yang memiliki riwayat perjalanan dari luar Paniai yakni Jawa, Bali, Sulawesi, Mimika dan Jayapura.

“Dari 55 orang itu dua orang dinyatakan telah meninggal dunia di RSUD Paniai. Jadi ada 53 pasien. Tujuh orang dari Deiyai, delapan orang asli Papua, dan tiga orang asli Paniai. Artinya dalam waktu dua minggu saja naik signifikan,” ujar Meki Nawipa dibalik selulernya, Sabtu, [10/7/2021].

Oleh karenanya, pihaknya telah menyepakati bahwa segera dilakukan PPKM.

“Pemda Paniai hari Senin besok, [12/7/2021] sudah melakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat [PPKM] mikro sejak jam 6.00 WP pagi hingga pukul 18.00 WP (atau dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore),” ucapnya.

Nawipa menegaskan, setiap orang yang hendak keluar dan masuk Paniai wajib melakukan pemeriksaan antigen.

“Bandar udara Enarotali akan ditutup untuk pesawat reguler, dan hanya kami buka untuk carter agar mempermudah Pemda hentikan penyebaran. Ataupun kami bisa tutup total,” katanya.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Paniai, dr. Laswan, Senin, [12/7/2021] pihaknya bakal mengeluarkan Keputusan Bupati terkait protokoler kesehatan yang ditujukan kepada publik.

“Hari Senin besok sudah akan keluar Keputusan Bupati Paniai,” ucapnya.

Ia mengatakan, hampir sebagian besar dirawat di ruang isolasi RSUD sedangkan lainnya di masing-masing rumah sambil mengisolasikan mandiri.

“Ada yang dirawat di RSUD dan lain isolasi mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, sebanyak tujuh pasien berasal dari Pemda Deiyai yang ditangani pihaknya. [*]

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *