Ini sosok yang dinilai tepat gantikan jabatan Wagub Papua

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Figur yang tepat mengisi kekosongan jabatan wakil gubernur Papua sesuai mekanisme yang berlaku adalah ketua Komisi I DPRP Papua, Yansen Fernando Tinal. Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri, gubernur Papua dan ketua umum DPP pusat partai Golkar serta berbagai pihak terkait diharap menunjuk Yansen Tinal sebagai Wagub.

“Merujuk dari aturan kepartaian, yang tepat duduki jabatan almarhum Wagub adalah bapak Yansen Tinal. Alasan paling utama karena dia kader partai Golkar aktif sampai sekarang,” kata tokoh masyarakat, Agus Kora, mewakili keluarga almarhum, dalam acara puncak ibadah syukur 40 hari almarhum di Gunung Merah, Sentani, Kamis (1/7/2021).

Selain Wagub, Yansen, Agus katakan, supaya juga menjabat ketua DPW partai Golkar Papua seperti halnya almarhum.

“Maka sekali lagi kami keluarga almarhum berharap penuh kepada bapak presiden Jokowi, Mendagri, Gubernur Papua, Ketum pusat GOLKAR,  ketua DPRP Papua, ketua MRP, Kapolda, Pangdam Papua dan semua pihak terkait dapat menunjuk bapak Yansen Tinal,” harapnya.

Keluarga almarhum meminta juga supaya semua posisi pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah provinsi Papua yang ditempatkan almarhum agar tidak dirubah hingga masa jabatan berakhir.

“Kecuali ASN bersangkutan yang sudah memasuki batas usia pensiun atau berhalangan tetap,” ujarnya.

Alm. Klemen Tinal mengawali karirnya dimulai dari memimpin organisasi Pemuda Pancasila kabupaten Timika di era tahun 90an. Beliau sangat setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melaksanakan tugas-tugas kenegaraan berdasarkan ideologi bangsa serta amanat Undang-Undang Dasar 1945 hingga beliau mengakhiri hidupnya dalam jabatan terakhir sebagai wakil gubernur Papua.

“Dalam suasana duka yang sangat mendalam ini, kami keluarga almarhum menyampaikan beberapa harapan ini agar dapat diterima dan ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundangan-undangan yang berlaku tanpa ada pertimbangan tertentu,” tuturnya.

Yance Mote, kooordinator daerah partai Golkar Meepago, mewakili partai Golkar menyampaikan banyak terimakasih kepada almarhum Wagub yang semasa hidup telah menjalankan tugas dengan baik sebagi ketua partai Golkar.

“Kami partai Golkar kehilangan pemimpin besar Papua yang mempunyai semangat kemandirian dalam membangun Papua. Semangat kemandirian beliau ini mari kita teladani,” ajaknya.

Mote menyebut almarhum telah banyak menorehkan karya dan prestasi yang sangat luar biasa. Diantaranya selama 31 tahun menjabat bupati hingga Wagub dan memenangkan tujuh prestasi besar.

“Negara harus memberikan penghargaan negarawan sejati bagi almarhum. Supaya spirit kemandirian dalam membangun dan dan mengkaderkan pemuda Papua, generasi muda Papua sekarang dapat termotivasi,” pintanya.

Soal kekosongan jabatan Wagub, Mote mengaku intenal partai Golkar tidak tinggal diam. Sosok figur siapa yang tepat gantikan sedang dipikirkan. Dikatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan gubernur Papua.

“Agar terkabul yang kami inginkan bersama ini, jangan lupa doa,” pesannya.

Yansen Tinal sendiri adalah adik kandung almarhum. Mote menambahkan setelah 40 hari, pihaknya akan melantik 14 pimpinan DPD II dan menggelar Musda luar biasa untuk memilih ketua partai DPW.

Yunis Petrus Labene, kepala suku besar Lapago, meminta agar penunjukan Wagub terhadap Yansen Tinal secepatnya dilakukan tanpa menunda-nunda waktu.

“Kami keluarga besar dari Lapago sampai Meepago sejak awal sudah nyatakan bahwa figur yang tepat dan layak gantikan almarhum adalah adik kandung almarhum, Yansen Tinal. Jadi kami minta jangan bertele-tele lagi soal ini karena sudah jelas,” tukanya seraya berharap seluruh kader partai Golkar satu suara mendukung Yansen Tinal.

Reporter: Yas Wenda

Editor: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *