Korban pergusuran asrama mahasiswa Uncen Gugat Rektor Uncen di PN kelas 1A Jayapura,Ini pernyataan sikapnya!

  • Bagikan

Jayapura,[ WAGADEI ] – Korban pergurusan asrama mahasiswa universitas cenderawasih [ UNCEN ] Jayapura, mengajukan gugatan hukum ke pengadilan negeri kelas 1A di Jayapura, atas dasar perlakuan Rektor uncen melakukan tindakan pengusiran serta penggusuran paska atas tempat tinggal Mahasiswa uncen baik di asrama sakura Dan asrama rusunawa di Waena,Jayapura.

 

Dalam pers rilisnya,yang ditulis mahasiswa Uncen korban pergusuran asrama mahasiswa Uncen dalam sidang perdana di Pengadilan kelas 1A,Jayapura, Rabu,30/6/2021 menyatakan;

“Kami mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN), mengajukan gugatan hukum atas dasar perlakuan Rektor uncen melakukan tindakan penggusiran serta penggusuran paska atas tempat tinggal Mahasiswa uncen baik di Asrama sakura Dan asrama rusunawa di jayapura papua.

 

Tindakan kekerasan aparat TNI/POLRI terhadap mahasiswa ini, atas permohonan Rektor universitas cenderawasih demi kepentingan PON 2021, Di lingkungan akademisi uncen telah mengorbankan hak atas pendidikan mahasiswa uncen yang bertempat tinggal di asrama universitas cenderawasih (UNCEN), Di jayapura papua.

 

Pada saat penggusuran tanggal 21 Mei 2021 sampai detik ini, tidak ada upaya-upaya dari akademisi uncen. Maka kami sebagai korban penggusuran menggugat lewat Hukum atas dasar perlakuan Rektor mengorbankan hak atas pendidikan terhadap mahasiswa uncen di jayapura papua.

Dan tindakan Rektor ini merupakan pelanggaran hak atas pendidikan Dan hak atas tempat tinggal yang dijamin dalam UU No 39 tahun 1999 tantang hak asasi manusia. Selain itu, tindakan Rektor Uncen bersama aparat kemananan (TNI dan Polri) jelas-jelas merupakan fakta tindakan pengusuran paksa sebagaimana diatur pada pasal 11, UU No 11 Tahun 2005 tentang ratifikasi Kovenan Internasional tentang Hak Ekonimi Sosial Dan Budaya sehingga kami mahasiswa korban pengusuran menggugat Rektor universitas cenderawasih (UNCEN), Di jayapura papua.

 

PERNYATAAN SIKAP!

1. Kami Mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN), Mendesak lembaga akademis segera, bertanggun jawab atas penggusuran tempat tinggal mahasiswa uncen!

 

2. Kami Mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN), mendesak agar segera bertanggun jawab atas pengerusakan alat-alat mahasiswa di saat penggusuran paksa tanggal 21 mey 2021 bulan lalu!

 

3.Kami mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN), menuntut hak atas keadilan bagi kami korban pengusuran asrama uncen!

 

4. Kami mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN) mendesak lembaga akademisi setelah renovasi asrama, tanpa alasan apapun kami mahasiswa mengisi asrama seperti biasa. Karena dengan alasan kami mahasiswa korban atas hak asasi manusia dan korban atas pendidikan!

 

5. Kami Mahasiswa meminta agar segera tindaklanjuti beberapa poin yang kami menuntut! Apabilah Rektor tidak bertanggun jawab, kami akan mobilisasi umum mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN), untuk mogok pendidikan!

 

Demikian pernyataan sikap kami Mahasiswa universitas cenderawasih (UNCEN), korban pengusuran paksa di jayapura papua.

 

KORPOS UMUM: FREDI KOGOYA

SEKPOS UMUM: MANU V IYABA

 

PENANGGUNG JAWAB!

9 BADAN PENGURUS ASRAMA UNCEN

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *