PHP Dev Cloud Hosting

ICW gelar pelatihan berbasis Open Tender

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Indonesia Corruption Watch [ICW] menggelar pelatihan soal penggunaan berbasis Opentender.Ne sebagai instrumen pengawasan masyarakat sipil di Papua dan Papua Barat khususnya di Jayapura dan sekitarnya.

“Ini [kegiatan] kami adakan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengadaan barang dan jasa [PBJ]. Dengan harapan semakin banyaknya keterlibatan masyarakat dalam proses ini menjadi transparan untuk meningkatkan proses pengadaan barang dan jasa,” kata Kooordinator ICW, Kes Tutoroong kepada wartawan wagadei.com usai kegiatan, Jumat, [25/6/2021].

Menurut dia, kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari TIKI dua orang, KIPRA tiga orang, Jerat Papua sebanyak dua orang sedangkan perwakilan jurnalis dan Aliansi Jurnalis Independen [AJI].

Menurut dia, ICW Indonesia akan kerjasama dengan jurnalis bekerja di Jayapura untuk mengawasi proses pengadaan barang dan jasa.

“Kami ingin awasi apa yang dikerjakan oleh para pengusaha. Itu karena, beberapa tahun akhir ini beberapa pekerjaan yang diberikan tidak kerja dengan baik. Bahasa kasarnya gagal. Nah setelah ini kami akan pantau dengan jurnalis yang ada, agar masyarakat tahu apa yang terjadi sesuai data dan fakta melalu media online yang disampaikan oleh jurnalis,” kata Kes.

Ia berharap, kerjasama dengan jurnalis juga bagian dari masyarakat sipil yang harus berkontribusi tidak hanya mempertajam tugas menulisnya dalam melaporkan atau mewartakan suatu peristiwa yang terjadi sesuai data dan fakta.

“Sesuai dengan data atau hasil kerja dari masyarakat sipil,” katanya.

Peserta Opentender.Net Awin Fintje Jarangga mengatakan, pihaknya bakal memperoleh sejumlah perusahaan yang kerja tidak maksimal dalam proses pembangunan daerah padahal menggunakan anggaran negara.

“Pelatihan ini membantu kita, saya harap kita bisa kerjasama supaya tidak ada yang bisa terulang lagi,” katanya. [*]

Reporter: Yulianus Magai

Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *