Ini nasehat dibalik perpisahan siswa Kelas VI SD YPPK Goodide

  • Bagikan

Dogiyai, [WAGADEI] – Sekolah Dasar YPPK St. Yohanes Pemandi Goodide, Distrik Kamuu Utara, Dogiyai melepas 39 siswa kelas VI, diantaranya 22 putra, 17 putri. Kegiatan pelepasan siswa ini berlangsung di halaman sekolah tersebut, Selasa (15/6/2021).

Dalam usaha menamatkan pendidikan kelas enam ini, banyak cara yang digunakan dalam mendidik mereka.

Wali Kelas VI Selestianus Goo mengatakan, pentingnya peran orangtua dalam berpendidikan dari siswa dan siswi.

Menurut dia, jika hendak mendapatkan ilmu maka datang setiap hari dan jika tidak mau berpendidikan tidak perlu datang selamanya.

“Hal ini penting untuk tidak membebani orangtua, sekaligus tidak main-main dengan sekolah. Jadi orangtua punya kewajiban untuk memantau proses pendidikan anak sejak masih di bangku SD ini,” ujar Selestianus Goo.

Komite SD YPPK St. Yohanes Pemandi Goodide Marselus Goo meminta kepada orangtua agar jangan pernah menganggap enteng dan masa bodoh dengan pendidikan. Pasalnya, orangtua memiliki tanggung jawab yang besar dengan pendidikan anak.

Kepala Sekolah, Deserius Goo menyampaikan orangtua menuntun anak secara baik dan benar. Mengarahkan anak secara benar dalam studi-studi yang dilalui oleh anak, baik formal maupun informal, baik di sekolah resmi, maupun di rumah masing-masing.

Ia menjelaskan, alasan melakukan perpisahan dengan menyembeli dua ekor babi, bahwa perpisahan ini dilakukan demi mengucap syukur kepada Allah.

“Kami adalah anak asli, memiliki hati untuk sekolah dan sumberdaya manusia. Jadi, pendidikan dasar itu sangat penting. Apapun pekerjaan, persyaratan paling dasar yang diminta adalah ijazah SD. Karena itu SD harus hidup dan orangtua harus berperan aktif menjaga sekolah,” ungkap Deserius.

Ia meminta agar anak-anak yang telah menyelesaikan studi di jenjang SD harus mampu bersaing di jenjang pendidikan selanjutnya. Kedepannya, dapat kembali ke kampung untuk membangun manusia dan tanah sendiri.

“Saya minta siswa dan siswi untuk tidak lupa membaca buku dengan kekuatan Salib Kristus yang menjadi terang dan sekaligus menerangi jalan kehidupan sehari-hari,” ucapnya. [*]

Reporter: Marius Goo

Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *