Pemkab Intan Jaya diminta segera kembalikan pengungsi ke kampung halaman

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Mahasiwa Intan Jaya yang sedang mengenyam pendidikan di Nabire meminta kepada Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Intan Jaya entah eksekutif maupun legislatif bekerjasama kembalikan masyarakat yang telah mengungsi ke beberapa Kabupaten tetangga diantaranya Mimika, Puncak, Paniai dan Nabire.

Hal itu dikatakan Yulianus Janabani, Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Intan Jaya se Nabire bahwa pihak eksekutif dan legislatif segera memantau perkembangan situasi di Intan Jaya agar bisa kembalikan masyarakat untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari mereka.

“Beberapa waktu lalu sudah terjadi konflik. Sekarang situasi mulai kondusif, maka kami mahasiswa Intan Jaya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Intan Jaya entah Bupati maupun DPRD aegera pulangkan masyarakat atau pengungsi. Mereka itu orang tua kita, dan ada beberapa kabupaten tetangga untuk mereka mencari keselamatan,” kata Yulianus Janabani kepada wartawan di Nabire, Senin, [14/6/2021].

Janabani menegaskan, masyarakat Intan Jaya ibarat tidak punya tanah atau rumah sehingga tinggal lama-lama di Kabupaten tetangga.

“Padahal situasi sudah mulai kondusif dan sekarang sudah aman. Pemerintah segera cari jalan,” ujarnya.

Mahasiswa sebagai anak-anak, kata dia, pihaknya sangat bersedih melihat tampung lima kepala keluarga dalam satu buah rumah.

“Dan tiga kepala keluarga tampung dalam satu buah rumah. Maka yang punya rumah yang mereka tinggal juga sulit untuk menjamin makanan sehari-hari,” kata mahasiwa Uswim Nabire ini.

Salah satu mahasiswa Intan Jaya di Nabire yang namanya enggan dimediakan mengatakan pihaknya melihat pengungsi tak kembali ke kampung lantaran belum adanya uang transportasi.

“Kami sudah pastikan bahwa karena mereka tidak punya uang transportasi untuk mereka kembali ke Intan Jaya sehingga masih bertahan di kota,” katanya.

Selain itu lantaran belum adanya informasi pasti dari Pemkab soal keamanan daerah. “Juga karena belum diumumkannya situasi Intan Jaya terkini seperti apa,” ucapnya.

“Tapi ada isu-isu yang kami dengar sudah aman. Untuk itu kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Intan Jaya dalam bulan libur ini segera kembalikan masyarakat pengungsi yang ada di Kabupaten tetangga ini ke kampung halaman,” katanya. [*]

Reporter: Komoupai Dumupa

Editor: Uka Daida

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *