PHP Dev Cloud Hosting

Wakil Bupati Dogiyai palang Dua Kantor, ini alasannya

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Merasa kecewa dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Dogiyai, Wakil Bupati Dogiyai Oskar Makai menutup akses dan memalang Kantor Bupati Dogiyai dan Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah di Mowanemani, ibukota Kabupaten Dogiyai, Papua, Kamis [27/5/2021]. Oskar Makai meminta Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa datang ke Mowanemani dan membuka sendiri palang itu.

Saat dihubungi melalui panggilan telepon pada Sabtu [29/5/2021], Wakil Bupati Dogiyai Oskar Makai menyatakan ia memalang Kantor Bupati dan Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah [DPKAD] karena kecewa. Menurutnya, Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa selama tiga bulan terakhir tidak pernah berkantor.

“Sebagai Wakil Bupati Dogiyai, saya sendiri yang  melakukan pemalangan terhadap dua kantor itu, karena Bupati dan Kepala Keuangan tidak pernah ada di Dogiyai. Pelayanan publik jadi macet,” ujar Makai, Sabtu.

Makai menegaskan tidak boleh ada orang lain yang membuka palang yang dipasangnya. Ia meminta Bupati sendiri yang datang ke Mowanemani dan membuka palang itu.

“Saya sengaja memalang dua kantor tersebut, karena selama ini Bupati Dogiyai tidak pernah masuk kantor. [Akibatnya] roda pemerintahan tidak efektif dan berjalan sebagai mana mestinya,” ungkapnya.

Makai menyatakan secara lisan ia telah berkomunikasi dengan Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, meminta Dumupa segera datang dan menyelesaikan masalah di Dogiyai. “Selama ini Bupati Dogiyai tidak pernah menyelesaikan masalah yang ada wilayah Dogiyai. Dengan demikian, agar Bupati Dogiyai segera bertanggung  jawab terhadap berbagai permasalahan di sini,” kata Makai.

Wagadei telah berupaya mendapatkan konfirmasi dari Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa. Wagadei telah menghubungi lima nomor telepon selular Dumupa, namun semua nomor itu tidak aktif atau berada di luar jangkauan.

Sebelum pemalangan itu terjadi, Jubi pernah mendapatkan penjelasan dari Dumupa yang mengakui ia kerap berada di luar daerah. Saat itu, Dumupa menjelaskan ia kerap berada di luar Dogiyai karena sedang menyelesaikan pendidikan Strata II di STMPD “APMD” di Yogyakarta.

Kepala Kepolisian Sektor Kamuu, Inspektur Satu Michael Ayomi membenarkan bahwa Wakil Bupati Oskar Makai telah menutup Kantor Bupati Dogiyai. Akan tetapi, Ayomi menyebut penutupan kantor itu bukan pemalangan, karena Oskar Makai hanya mengunci pintu kantor saja. “Benar ada palang dua kantor itu, [akan tetapi] hanya kunci biasa saja, tidak palang,” katanya ketika dikonfirmasi Wagadei. pungkasnya. [*]

Reporter: Abeth A You

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *