Pendidikan Konteks Papua

  • Bagikan

Oleh: Marius Goo

Pengantar

Pada dasarnya pendidikan adalah pondasi utama pembanguna bangsa manusia. Hanya dengan pendidikan manusia akan sampai pada penemuan identitas kemanusiaan. Pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam seluruh segi kehidupan, pendidikan selalu menjadi dasar. Hingga kini, hampir sebagian besar manusia Papua belum menyadari betapa pentingnya pendidikan. Orang Papua yang menyadari pentingnya pendidikan pun hanya setengah-setengah. Yang memiliki kewenangan (stakeholder) pun hingga kini belum mampu mengembangkan pontensinya secara maksimal. Apalagi pendidikan di Papua dijadikan sebagai alat penindasan, tempat meraup keuntungan dan lain-lain. Bagaimana rakyat Papua disadarkan untuk menaruh perhatian yang penuh pada pendidikan? Bagaimana anak muda sekarang aktif di dunia pendidikan? Dan terlebih bagaimana anak-anak yang masih berusia sekolah dijadikan sebagai pelajar yang sedang menjalankan studi di sekolah maupun di mana saja mereka berada dalam usaha menggali nilai pembebasan, kesejarahan dan terlebih humanitas menuju manusia yang merdeka.

1. Pendidikan sebagai praktek pembebasan

Paulo Freire berkebangsaan Brasil yang sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan mengembangkan pendidikan dalam konteks pembebasan. Menurutnya, yang terpenting dari pendidikan adalah “kesadaran”. Kesadaran akan kebodohan dan ketertindasan. Lalu mengambil tindakan perubahan. Dia mengajarkan sebuah metode studi “dialogis”.

Pendidikan sebagai upaya pembebasasn. Dengan pendididikan, manusia dibebaskan dari belenggu kebodohan dan penjajahan buta huruf. Freire juga mengatakan pendidikan adalah sebuah upaya “memanusia-politikan manusia”. Menurutnya, melalui atau dengan pendidikan manusia dapat mengerti situasi ketertindasan dan akan timbul niat perjuangan untuk mengubah situasi ketertindasan menjadi kebebasan.

2. Pendidikan sebagai penggalian sejarah

Melalui pendidikan, kaum pembelajar (peserta didik juga pendidik) menggali kehidupan bangsanya. Peristiwa menyenangkan juga yang tidak menyenangkan: sejarah kegagalan juga kemenangan digali sebagai upaya pendokumentasian sekaligus tindakan pembaruan bangsa.

Melalui pendidikan, kelabunya perjuangan dan kejayaan dalam perjuangan dipelajari dalam usaha mempertahankan bangsa dan memperjuangkan sebuah kemerdekaan yang utuh. Melalui penggalian sekaligus pendidikan sejarah, setiap pribadi bersyukur atas perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan, sekaligus berupaya untuk memperjuangkan dan mempertahankan bangsanya dari perampasan dan kekacauan. Pendidikan sejarah bangsa memperkuat kesadaran dan jati diri bangsa, sekaligus menumbuhkembangkan sebuah nasionalisme dan patriotisme bagi tanah airnya.

3. Pendidikan sebagai upaya peningkatan martabat manusia

Pendidikan selalu membantu manusia untuk menemukan kemanusiaan. Pendidikan membantu kaum terdidik untuk mengabdi manusia, demi perbaikan dan peningkatan martabat manusia menjadi lebih luhur dan lebih terhormat. Karena itu, pendidikan ada untuk mengabdi manusia. Dengan pendidikan, membuat manusia menjadi lebih manusiawi dan bermartabat.

Melalui pendidikan wawasan seorang manusia diperluas (dibuka) agar dapat melihat manusia lain secara benar, baik dan bertanggung jawab. Pendidikan mencerahkan budi manusia agar dapat berpartisipasi dalam mencari solusi-solusi terbaik atas tindakan tidak manusiawi, pelanggaran hak asasi manusia dan konflik-konflik yang berujung pada kematian dan pemusnahan.

Pentup

Bagi rakya Papua secara khusus dan semua manusia pada umumnya menjadi jelas bahwa pendidikan sangat penting. Dengan pendidikan martabat manusia yang dijajah, ditindas karena kebodohan dan ketertinggalan dapat diperbaiki dan dimerdekakan dengan pendidakan yang lebih bermutu. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang mampu membuat setiap pribadi sebagai manusia dan mengangkat harkat dan dan martabat manusia yang terjajah kepada sebuah kedamaian dan pembebasan.[*]

Penulis adalah seorang guru Sekolah Dasar di Mowanemani

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *