PHP Dev Cloud Hosting

Mahasiswa HMP3 dan PGSD Lanny Jaya di Jayapura diminta banyak baca buku dan diskusi

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Pegunungan Peduli Pendidikan Papua (HMP3) dan Mahasiswa dari PGSD kelas Lanny Jaya di Jayapura diminta selama kuliah harus banyak membaca buku dan melakukan diskusi-diskusi sesuai bidang disiplin ilmu agar kedepan dapat menjawab tantangan persoalan di Papua.

Hal ini diminta oleh Maiton Gurik, pemateri, dalam seminar bertajuk “Strategi Menyusun Skripsi” yang diselenggarakan oleh sekretariat BEM dan DPM FKIP Uncen Abepura, pada Jumat (21/5/21). Peserta seminar hadiri juga mahasiswa dari FKIP Uncen.

“Sebagai mahasiswa kalian harus rutin tiap hari baca buku banyak-banyak sesuai jurusan masing-masing. Buku lain juga harus untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Kedua adalah lakukan diskusi-diskusi. Ini penting, tujuannya supaya kalian benar-benar dapat mampu menguasai disiplin ilmu kalian dengan baik,” ucap Gurik.

Juga, lanjut Gurik, supaya ketika menjadi sarjana, sarjana yang berkualitas dan mumpuni dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik di tempat bekerja.

Terkait skripsi, Gurik meminta mahasiswa harus mampu menyusun sendiri dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu yakni empat tahun. “Karena dengan menyusun skripsi sendiri kalian akan tahu persoalan papua yang harus dilakukan secara ilmiah,” ujarnya.

Welius Yigibalom, salah satu senior di FKIP, juga terkait skripsi mengaku dirinya selama ini melihat banyak anak Papua menyusun skripsi [selalu] meminta bantuan dari orang lain.

“Sehingga realita yang ada, memiliki gelar sarjana tetapi ketika disuruh kerja tidak bisa buat apa-apa. Hal ini menjadi tantangan besar sekarang untuk kita mahasiswa yang masih kuliah. Jadi, semua itu bukan karena kita bodoh tetapi hanya karena kurang belajar dan belum pahami bagaimana cara menyusun skripsi. Untuk itu, belajar dan belajar banyak seperti disampaikan pemateri, harus ingat dan lakukan,” harapnya.

Moderator, Ermanus Wenda, diakhir seminar meminta agar para mahasiswa mengingat ilmu serta pesan yang telah disampaikan tentang soal strategi menyusun skripsi.

“Harus ingat, ini supaya ketika menyusun skripsi kita tidak salah dan tepat sasaran sesuai berbagai persoalan dinamika yang sudah, sedang dan akan terjadi kedepan di Papua yang kita cintai ini,” tandasnya.

Reporter: Yas Wenda

Editor: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *