Koman sindir sikap Indonesia yang gencar dukung Palestina merdeka

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Veronica Koman, aktivis sekaligus pengacara HAM yang kini bermukim di Australia, menyindir Indonesia yang sedang gencar mendukung kemerdekaan rakyat Palestina dari Israel. Sindiran Koman ini disampaikan lewat akun Twitternya, Sabtu (15/5/2021) dan Minggu (16/5/2021).

Sebelumnya, presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia mengutuk keras serangan Israel yang telah mengakibatkan hilangnya nyawa ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak. Agresi Israel harus dihentikan.

Jokowi juga mengatakan Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel.

“Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina,” ujar Jokowi di Twitter resminya, Sabtu (15/5/2021), yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Melihat dukungan Indonesia ke Palestina yang sangat gencar disampaikan, Koman, Sabtu (15/5/2021), menyindir dengan kalimat bernada puitis “penjajahan diseberang lautan tampak, penjajahan di pelupuk mata tak tampak”.

Kalimat kedua yang disindirnya, yakni pada Minggu (16/5/2021), “Anda terdengar sama dengan Israel yang bilang bagaimana mungkin Israel menjajah Palestina, sedangkan itu adalah tanah Israel”.

“Penjajah memang banyak yang tidak sadar sedang melakukan penjajahan, anda tidak sendiri,” lanjut sindir Koman.

Tidak hanya Jokowi, ketua DPR RI, Puan Maharani, turut mengecam serangan Israel kepada Palestina di jalur Gaza. Puan mengatakan, serangan Israel terhadap Palestina harus menjadi momentum untuk memulai kembali proses perdamaian yang komprehensif dan inklusif sebagaimana dengan hukum internasional, resolusi PBB, dan parameter serta konsensus internasional.

“Mendesak masyarakat internasional dan PBB untuk meredakan ketegangan dan membantu warga Palestina yang menjadi korban di wilayah pendudukan Palestina,” kata Puan, dikutip dari suara.com, Minggu (16/5/2021).

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad juga mendesak pemerintah untuk melancarkan protes keras dan berperan aktif menyuarakan kedamaian atas nama negara di dunia internasional. Menurutnya tragedi kemanusiaan di Palestina harus segera diakhiri.

“Konstitusi kita jelas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala Bangsa. Dan tujuan Indonesia merdeka juga salah satunya, melindungi segenap tumpah darah, menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Amanat konstitusi kita harus disuarakan dengan lantang di tingkat internasional,” ujar Dasco.

Reporter: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *