PHP Dev Cloud Hosting

Petugas pakai truk tumpah sampah di jalan, masyarakat Jayanti Nabire keluh

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Membuang sampah sembarang di Nabire, ibukota kabupaten Nabire, Papua, makin marak. Berbagai tempat baik dalam kota maupun luar, sampah bertumpuk dan bertebaran terlihat dimana-mana.

Tidak masyarakat biasa, malah petugas kebersihan juga membuang sampah sembarangan. Misal, seperti yang terjadi Jumat (14/5/2021) sore kemarin di jalan depan Perumahan Jayanti, Nabire.

Seorang mama mengatakan petugas kebersihan Nabire datang memakai truk dan menumpah sampah yang diangkut di jalan.

“Lihat sampah-sampah ini patugas kebersihan yang baru tumpah (buang) disini pake truk,” ujar mama ini ketika dijumpai wagadei.com, Jumat (14/5/2021).

Setelah menumpah begitu saja tanpa merapikan, petugas langsung jalan. Mama katakan sangat jengkel lihat kelakuan para petugas yang tidak memberi contoh baik, dimana seharusnya sampah dibuang.

“Mama tadi sudah marah, tapi anak-anak petugas malas tahu. Setelah kasih turun (dari truk) langsung mereka jalan begitu,” kesal mama.

Jalan depan Perumahan Jayanti Nabire itu adalah salah satu dari banyaknya tempat yang sudah lama kerap dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat disekitar, juga dari luar kompleks.

Bukan baru, menurut mama, sudah dari dulu petugas selalu datang membuang sampah disitu. Sampah-sampah itu, kata mama, hasil pungutan dari beberapa tempat lain.

“Mereka pikir disini tempat pembuangan akhir (TPA) sampah kah?. Kurang ajar sekali. Ini jalan umum, macam bodoh-bodoh,”  kesal mama.

Ketika diminta saran ke pemerintah daerah, mama katakan tidak mau. “Percuma, mama malas. Tempat ini mereka selalu lihat tapi mereka malas tahu. Untuk apa mama kasih saran. Kasih saran juga mau buat boleh,” tandas mama.

Seorang pemuda bermarga Mote, berharap pemerintah dapat secepatnya sediakan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang luas dan besar.

“Supaya semua sampah di Nabire dibuang disitu saja, Pemda Nabire harus cari tempat TPA yang luas dan besar. Kalau sudah begini kan memalukan Pemda. Masa petugas kebersihan kok malah buang sampah sembarangan,” katanya.

Dia meminta kepala dinas Kebersihan Kota Nabire untuk memarahi anak buahnya yang telah buang sampah di kompleks mereka.

“Kepala dinas harus tegur. Kasih nasehat baik. Jangan karena petugas lalu mau seenak buang sampah sembarangan. Ini kerja sudah tidak becus,”

Dari pantauan, sampah-sampah itu kemudian langsung dibersihkan oleh para pemuda dan mama-mama setempat.

Reporter: Yudas Magai

Editor: Glow

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *