Mampu angkat ekonomi, Yance Mote cocok jabat Kadin Papua

Jayapura, [WAGADEI] – Dianggap mampu mengangkat orang Papua disektor ekonomi dan memiliki pengalaman yang mumpuni, Yance Mote mendapat dukungan penuh dari para anggota DPR Papua jalur 14 kursi Otsus untuk menduduki jabatan Kadin Papua. Berbagai dukungan itu mengalir usai Yance Mote menyampaikan visi dan misi tentang peningkatan ekonomi orang asli Papua di gedung DPR Papua, Senin (10/5/2021).

Mereka berpendapat, penjelasan dari 9 butir visi-misi Yance, sangat berpihak sesuai kondisi orang Papua.

“Saya sebagai Anggota DPR Papua, juga ketua Lemhanas Papua dan barisan merah putih (BMP) dukung Yance Mote tuk jadi ketua KADIN Papua. Visi-misi dia luar biasa, sangat berpihak ke kita orang Papua,” ucap Yonas Nusi, perwakilan DPR Papua dari wilayah adat Saireri.

Romanus Omaleng, perwakilan Meepago, juga mengatakan paparan visi misi Yance sangat luar biasa disampaikan dari hati dan menyentuh hati dan benar-benar berpihak ke orang Papua.

“Kami harapkan setelah Yance jadi ketua KADIN, kedepan bisa jadi Kadin Papua. Agar dia dapat melihat SDM yang ada di seluruh wilayah adat Papua. Kita akan upayakan dorong ke hak inisiatif dewan untuk jadi perdasus nanti bila perlu,” katanya.

Dari wilayah adat Mamta Piter Kwano, mengatakan dukung Yance karena telah berbicara sisi yang paling lemah orang Papua yaitu ekonomi.

“Kami jago di politik, tapi disisi ekonomi kami mengemis ke pengusaha. Saya kira ini sudah jelas. Sehingga kebetulan kantor KADIN ada di daerah Tabi dan tanah Tabi adalah tanah yang sudah diberkati dan kami dukung ade Yance Mote, Tuhan akan berkati,” ujarnya.

Mewakili anak Animha, Frits Tobo Wakasu, mengatakan pemerintah pusat sudah memberi ruang kepada orang Papua untuk bisa memimpin KADIN. Menurutnya Yance Mote tepat sesuai visi-misinya.

“Kita nama besar di politik tapi waktu turun ke pasar kita tidak belanja di pasar, tapi kalau naik panggung uang banyak di hamburkan. Ini yang dong bolang besar nama hilang di belanja. Maka potensi seperti Yance Mote pemerintah perlu rekam jejak. Pemerintah harus rekrut dan berdayakan semua intelektual anak dari 7 wilayah adat yang mampu dan memiliki potensi. Anak Papua pasti mampu, jadi saya sebagai perwakilan adat Animha mendukung,” bebernya.

Jhon Gobai, ketua kelompok khusus, mengatakan Kadin diharapkan meningkatkan perekonomian untuk menunjang sektor Fiskal. Maka ketua Kadin, menurutnya, harus anak muda yang mempunya visi yang besar dan benar-benar mengetahui kondisi Papua di lima wilayah adat Papua.

“Kami lihat figur Yance Mote adalah figur yang tepat dan punya sepak terjang di Gapensi, Ardin dan lain. Dia tumbuh besar di Lapago dan berdarah Meepago, dan punya keluarga asli Tabi. Dia juga masih muda dan enerjik. Papua ini raksasa yang masih tidur harus dibangunkan dan Papua ini butuh orang yang enerjik seperti anak muda. Karena untuk membangunkan Papua yang belum tidak bisa, tentu bagi yang muda pasti bisa,” tutur Gobay.

Terpisah, Yance Mote ungkap memanjatkan puji syukur kepada Tuhan dan berterimakasih atas semua dukungan kepadanya.

“Sebagai bakal calon Kadin Papua, jika Tuhan izinkan saya dan rakyat Papua dukung saya, saya yakin dengan iman Tuhan akan meloloskan jalan. Dan pastinya ini tangung jawab kita bersama memperhatikan orang Papua dari tingkat bawah, menengah dan sampai atas,” katanya.

Di wilayah 5 adat Papua, diakuinya, terdapat sumber daya alam yang baik. Ia janji dan komit jika terpilih akan lanjudkan kerja Kadin lama dengan semua lembaga anak adat.

“Dukungan secara pribadi dari mereka ke saya, saya tidak lakukan apa-apa dan memaksa mereka harus dukung saya. Mungkin itu karena kita memiliki kesamaan visi. Maka saya harap dukungan doa dari semua orang Papua supaya kita orang Papua bisa rebut posisi Kadin yang adalah Gubernur orang ekonomi di Papua,” harapnya

Reporter: Yas Wenda

Editor: Glow

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares