PHP Dev Cloud Hosting

Paroki K3 Damabagata komitmen dukung bakat anak muda

  • Bagikan

 

Dari HUT Paroki dan HUT Keuskupan Timika

 

 

 

Deiyai, [WAGADEI] – Paroki Kristus Kebangkitan Kita [K3], Dekenat Tigi, Kabupaten Deiyai menggelar dua acara ulang tahun bersamaan, yakni HUT Paroki K3 Damabaga ke 11 dan HUT Keuskupan Timika ke 17 di gereja Katolik K3 Damabaga, Distrik Tigi Timur, Paniai, Minggu, [18/4/2021].

 

Pastor Paroki K3 Damabaga, P. Ibrani Gwijangge mengatakan, paroki yang dipimpinnya maupun Keuskupan Timika masih remaja sehingga dibutuhkan kekompakan dalam memajukan gereja Tuhan tersebut. Menurut Gwijangge, gereja bagaikan bahtera yang mengarungi zaman sehingga penggalan lagu.

 

“Gereja ini berumur 11 tahun, artinya masih remaja. Saya datang mengisi kekosongan, saya melihat anak-anak muda di Paroki Damabagata ini punya potensi yang luar biasa. Tapi kami pacu pendidikan sebagai dasar untuk melangkah ke arah yang lebih baik,” ujar Pastor Gwijangge kepada wagadei.com di Pastoran.

 

Menurut dia, pada HUT ini pihaknya menugaskan kelompok remaja atau lebih dikenal dengan sebutan Serikat Kepausan Anak dan Remaja Indonesia [Sekami] dan Orang Muda Katolik [OMK] sekaligus memberikan dukungan moril secara resmi agar jiwa untuk berkembang tertanam sejak dini.

 

“Sekarang umur gereja begini anak-anak yang buat, sehingga potensi mereka bergerak sebagai bagian dari penghayatan iman,” katanya.

 

 

“Secara kelembagaan, paroki baru 11 tahun sejak tanggal 4 April 2010. Sedangkan iman umat itu sudah bertumbuh pada 1974 atau 1975 oleh Uskup Jayapura, Mgr. H.M.F Muninghoof, OFM lalu saat berikan sakramen Krimas sudah tertanam,” ungkapnya.

 

Dewan Paroki K3 Damabaga, Yance Takimai mengatakan, setelah pihaknya cermati minat anak muda memiliki sejumlah bakat yang mesti didukung dengan sepenuh hati agar para kaum muda merasa diberdayakan dalam pewartaan gereja.

 

“Bakat-bakat itu anak-anak muda salurkan melalui lagu-lagu untuk memuji Tuhan Allah dan beragam tarian khas sejak lama melalui berbagai kegiatan yang kami lakukan. Jadi ini baru kami melakukan, saya harap kedepan akan lebih baik lagi,” kata Takimai.

 

“Itu supaya mereka bertumbuh dan berkembang di dalam iman akan Yesus Kristus sehingga bisa tertanam benih-benih cinta Tuhan sehingga kemudian hari kami tidak susah dalam mendapatkan orang-orang yang memiliki bakat-bakat itu. Jadi mulai sekarang kami prioritaskan anak-anak Sekami dan OMK demi gereja, masyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, tanggal 16 Mei 2021 akan dilakukan acara ‘Ebamukai’ untuk pembangunan gedung Pastoran baru di paroki tersebut. [*]

 

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *