Mahasiswa uncen menolak 14 kursi DPRP jalur Otsus

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Mahasiswa universitas cenderawasih [UNCEN] Jayapura dengan tegas menolak 14 kursi DPRP jalur Otsus,yang akan di Lantik,Jumat 16 April 2021 di kantor DPR Papua.

Hal itu disampaikan,pengurus MPM Uncen, Ayus heluka, dalam jumpa pers di kabesma uncen Perumnas III waena,Jayapura,rabu[14/4/2021].

Ayus heluka,mewakili BEM Uncen menjelaskan,”Di tahun 2021 ini, kami di Papua ada dalam begitu banyak masalah, dari dalam negeri maupun dari luar negeri, dan dengan berbagai sektor, Kami mendengar bahwa DPRP akan melantik 14 kursi jalur Otsus, hal ini kami dari Mahasiwa sangat tidak terima dan kami dengan tegas mengatakan penolakan DPRP jalur Otsus,”pungkasnya.

lanjut ayus,” Maka itu, kami dengan tegas menolak, karena ini suatu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui DPRP provinsi Papua untuk melantik 14 kursi DPRP, mereka ini adalah kelompok yang berusaha untuk melanjutkan Otsus Papua ,tegas ayus

Ia juga mengatakan, Pepera 1969 yang di lakukan itu hampir sama dengan Otsus, yang di dalam Pepera itu disampaikan bahwa satu orang punya hak suara, tapi itu di lakukan penipuan oleh negara Indonesia. Sungguh, hal ini sangat mirip dengan apa yang di lakukan oleh pemerintah pusat kepada DPRP, maka ini adalah suatu penipuan, untuk tetap melanjutkan otsus kedepan.

“ pemilihan wakil rakyat itukan harus dilakukan secara demokrasi, tidak bisa di tunjuk begitu saja, maka kami Mahasiswa universitas cenderawasih dengan tegas menolak, dan hal ini segera DPRP pertimbangkan sebelum pelantikan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan MPM Uncen, Yafet Lukas degey mengatakan, “ Pelantikan 14 kursi jalur Otsus ini, tidak sesuai dengan keinginan rakyat. seharusnya RDP dilakukan terlebih dahulu tetapi di batasi kepolisian negara republik Indonesia. Pembatasan ini merupakan cara aparat membatasi ruang demokrasi, dan membuat jalan sendiri karena ada kepentingan dengan pembentukkan DPRP 14 kursi jalur otsus yang rencananya dilantik tanggal 16/4/2021,”ucap degei.

Reporter : Yulianus Magai

Editor : TFFT

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *