Ketidakpedulian pemda Nabire Terhadap Asrama Nabire Di Jayapura.

  • Bagikan

Oleh  : Yulianus magai 

Asrama nabire adalah salah satu aset pemerintah kabupaten nabire, yang berbeda di luar kota dari kabupaten nabire.

sudah jelas bahwa Asrama Nabire di sebut dengan tempat tinggal bagi pelajar dan mahasiswa, generasi penerus pada umumnya Papua dan lebih khususnya kabupaten Nabire, dengan demikian seharus pemerintah daerah mampu siapkan tempat yang layak untuk Mahasiwa yang berasal dari kabupaten nabire yang tinggal di luar dari pemerintah kabupaten nabire, yaitu luar Papua, maupun di Papua.

Pelajar dan mahasiswa kabupaten nabire, adalah penerus pemerintah Pada Umumnya Papua, dan lebih khususnya di Nabire sendiri, dengan alasan karena tidak mungkin pejabat saat ini akan jabat terus, maka itu pemerintah perlu di perhatikan atas kebakaran asrama nabire kamkey.

Penyebab, kebakaran asrama.

saat itu saat saat bara rasisme di papua, semua mahasiswa Nabire yang tinggal di asrama pada pulang karena penyebab rasisme, di saat rasisme pada tanggal 13/oktober/2019 jam 12 ,30 malam, terjadinya konstan listrik dari kabar 12 lantai dua konsletin listrik menyebabkan kebakaran asrama nabire kamkey di jayapura.

Saat itu hujan Sangat deras, di asrama air di kamar mandi kosong bersih, kami beberapa pelajar dan mahasiswa mencoba mematikan api nya dengan mengunakan air hujan tetapi kami tidak sempat menyelamatkan stana kami.
akhirnya lantai dua kamar 11 sampai 18 hangus terbakar, hangus habis termasuk barang barang barang milik pelajar dan mahasiswa yang ada di lantai dua juga hangus habis termasuk ijasah SD,SMP, SMA dari salah satu mahasiswa semester lll yang kuliah di (UNCEN) universitas cenderawasih.

Di lantai satu juga tak aman karena ketika hujan air mudah masuk dalam kamar karena di atas masih belum di tutup dan ketika hujan juga kami pelajar dan mahasiswa tinggalnya sama seperti di dalama goa atau tromongan.

Akibat terhadap mahasiswa.

Kami tinggal di asrama setelah kebakaran, itu terjadi, kami tinggal seperti tidak punya pemerintah kami juga macam tinggal dalam goa karena ketika hujan air mudah masuk ke kamar, kiri dan kanan kami air hujan yang masuk di lubang lubang karena rumah itu tak punya daun seng air hujan itu p sedang jatuhan di pinggi kami penyebab kebakaran asrama tempat tinggal kami sudah terbakar dan sementara kami tinggal di atas nya masih belum di tutup dengan daun seng. Akibat dari itu semua aktivitas kami jadi mogok, persekolahan kami jadi mogok, perkulian kami jadi mogok, dan semua aktiviyas lain nya jadi mogok karena pemerintah kabupaten nabire masih belum perhatikan sampai saat ini.

Tidak hanya asrama Nabire kamkey, tetapi ada juga asrama Nabire putra Padang bulan, asrama Nabire putri yang ada di p1 waena. Ketiga asrama ini sungguh tidak layak untuk di huni, atas ketidak layakan untuk di huni, lebih mengganaskan lagi janji janji pemerintah sampai saat ini belum tepati janji nya.

Pandangan pemerintah terhadap mahasiswa.

Pandangan dari pemerintah sampai saat ini tanggal Rabu 14/4/2021, masih belum di perhatikan maka itu kami dari pelajar dan Mahasiswa meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Nabire, kami ingin tinggal di tempat yang layak untuk kami tinggal seperti teman teman yang dari kabupaten lain.

sampai saat ini banyak yang kami mahasiswa korban banyak aktivitas yang mogok tapi pemda asih belum tahu, tentang hal ini, Pemda kalian tidak tahu, bahwa peristiwa itu adalah salah satu berita duka yang penda kabupaten nabire masih belum bereskan. tidak tahu kami asrama nabire menderita penda kabupaten nabire berduka.

Dengan alasan, asrama nabire adalah salah satu aset pemerintah kabupaten Nabire, kami menharap pemda kabupaten nabire bukan kami harap pemda lain. karena asrama nabire adalah salah satu aset pemerintah kabupaten nabire kalau penda kabupaten nabire kalian anggap kami generasi penerus kabupaten nabire tolong di perhatikan karena kami adalah masa depan kabupaten nabire kalian tidak akan selamanya memimpin di pemerintah kabupaten nabire maka itu perlu di perhatikan kami, kami adalah pengganti kalian pemerintah kabupaten nabire.

solusinya

asrama nabire sudah terbakar dan pemerintah Kabupaten nabire sementara tidak ada perhatikan sama Sekali ke mahasiswa nabire, kami dari mahasiswa meminta bahwa tolong bangun asrama yang lebih baik, lebih layak untuk kami tinggal, menimbah ilmu seperti teman teman kami dari kabupaten lain di kota study.

Semoga Kaka Kaka saya yang kerja di kabupaten Nabire bisa di baca tulisan ini.

Penulis adalah salah satu penghuni tetap di asrama Nabire kamkey. Sekolah di SMK negeri 3 Jayapura

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *