Umat Papua memikul salib penderitaan selama 58 Tahun

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Pekan lalu, umat Kristiani seluruh dunia telah memperingati kisah sengsara Yesus Kristus. Pihak Dewan Gereja di Tanah Papua telah mencatat sejumlah hal yang mengakibatkan umat Tuhan di Papua dari waktu ke waktu telah dan sedang memikul salib penderitaan selama 58 tahunhun akibat kebijakan politik rasisme yang sistematik pemerintah Indonesia.

Dalam konferensi pers yang digelar Dewan Gereja Papua di Kantor Sinode GKI Kingmi di Tanah Papua pada Jumat,[9/4/2021] pihaknya telah mencatat dan mendata sebagian kecil jalan penderitaan umat Kristus di Tanah Papua hari ini.

Berangkat dari data dan realitas yang umat alami di tanah Papua, demi pemulihan dan terwujudnya perdamaian di tanah Papua, para pemimpin Gereja di Tanah Papua mengeluarkan sembilan poin imbauan;

1. Dewan HAM PBB untuk datang berkunjung ke Tanah Papua untuk melakukan Investigasi pelanggaran Hak Asasi Manusia di Tanah Papua.

2. Menyelidiki pihak ketiga hadir dalam situasi Nduga,Intan Jaya,Puncak Papua,Timika dan Papua pada umumnya.

3. Meminta dukungan Doa dan Puasa kepada rakyat dan para pemimpin gereja di Pasific.

4. Kepada orang Papua,kami menyeruhkan untuk bersama-sama mengambil doa dan puasa bagi pemulihan Tanah Papua sejak 11 April 2021.

5. Mendesak Presiden Joko Widodo menepati janjinya pada 30 September 2019 yang menyampaikan,”siap berdialog dengan pro referendum, ULMWP”.

6. Meminta kepada para pemimpin MSG untuk menerima ULMWP sebagai anggota penuh MSG dalam KTT MSG pada April 2021.

7. Meminta kepada orang Papua,semua keluarga untuk mulai hidup damai,hindari hal-hal,pengaruh yang dapat menghancurkan masa depan.melindungi dan membina masing-masing keluarga dengan baik dan penuh tanggungjawab.

8. Mendesak pemerintah Indonesia melakukan dialog dengan ULMWP untuk menyelesaikan Masalah Papua,sebagaimana yang pemerintah [SBY-Yusuf Kalla] menyelesaikan masalah GAM Aceh dengan dimediasi negara ketiga.

9. Akhirnya, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan Terima kasih kepada semua pihak yang bersolidaritas dengan kami,kepada pemimpin-pemimpin gereja, masyarakat, NGO, media dan komunitas internasional dengan penderitaan kami.

Jayapura, 9 April 2021

Dewan Gereja Papua;

1. Pdt.Benny Giay (Kingmi Papua)

2. Pdt.Andrikus Mofu (GKI Tanah Papua)

3. Pdt.Dorman Wandikbo (GIDI)

4. Pdt. Socratez Sofyan Yoman (Baptis West Papua) [*]

Reporter: Theresia F. Tekege

Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *