PHP Dev Cloud Hosting

Yoman: Tanah Melanesia itu negeri kami

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Ketua Umum Badan Pelayanan Pusat Gereja Baptis West Papua, Dr. Pdt. Socratez Sofyan Yoman angkat bicara soal perjalanan Gubernur Papua, Lukas Enembe ke Papua New Guinea (PNG) selama dua hari yang akhirnya kembali ke bumi Cenderawasih.

Menurut Pendeta Yoman, West Papua sampai PNG merupakan satu daratan etnis Mellanesia sehingga tak perlu dipersoalkan oleh berbagai pihak terutama cara kerja Badan Intelijen Negara (BIN) yang memperbesarkan perjalanan orang nomor satu ke negara tetangga itu.

“Ini tanah kami, ini negeri kami. Tanah Mellanesia ini negeri kami, bangsa kolonial Indonesia jangan atur-atur kami. Tidak bisa, pa Lukas mau ke Papua New Guinea itu dia punya kampung,” ungkap Yoman, Rabu, [7/4/2021].

Menurut Yoman, hingga ke Salomon Island, Fiji, Vanuatu dan sampai Samoa Island merupakan satu kesatuan Mellanesia.

“Allah taruh leluhur (nenek moyang) kami di sini, sebelum Indonesia datang ke sini untuk merampok dan menindas kami,” katanya tegas.

Gubernur Papua Lukas Enembe berdalih punya hak untuk bepergian terkait dengan kasus masuk PNG tanpa izin dengan dalih berobat. Dia menjelaskan dirinya mengaku hanya menjalani pengobatan tradisional saja di Vanimo karena kondisi kesehatan yang tidak baik.

“Saya hanya berobat dan punya hak untuk ke sana dan kemari,” katanya klaim dilansir CNN Indonesia.

Lukas Enembe pun meminta masyarakat tidak terprovokasi atas berita-berita tidak benar terkait dengan kejadian lintas batas itu. “Tidak usah dengar berita yang tidak benar,” kata dia. [*]

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *