PHP Dev Cloud Hosting

Otsus hanya dana, kekhususan tak berpihak kepada OAP

  • Bagikan
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa - Doc.Wagadei.com

Jayapura, [WAGADEI] – Otonomi Khusus [Otsus] telah diberlakukan sejak 2001 untuk tanah Papua tidak menunjukkan keberpihakan kepada orang asli Papua [OAP]. Pasalnya, banyak pihak mengukur pelaksanaan Otsus tersebut dari besaran kucuran dana Otsus saja, jika dicermati dengan seksama UU Otsus Papua tidak hanya sebatas soal kucuran dana Otsus.

“Ada banyak kewenangan Pemerintah Provinsi Papua yang bersifat khusus, namun kekhususan bagi orang asli Papua juga tidak terjadi di sini,”
Anggota Komisi I DPR Papua Laurenzus Kadepa kepada wagadei.com, Sabtu, [3/4/2021].

Selama dua periode ia menjabat sebagai legislator Papua telah menerima sejumlah aspirasi masyarakat Papua terkait rencana pemerintah merevisi UU Otsus Papua.

“Kami akan segera menindaklanjuti berbagai aspirasi itu untuk diteruskan kepada pimpinan dan kepada Pansus Otsus DPR RI,” ujar politisi Partai NasDem.

Kadepa berharap, Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan yang tepat pada sasaran untuk kepentingan masyarakat Papua pada umumnya.

“Karena sejauh ini otsus berjalan,tapi masyarakat sangat tidak merasakan buahnya,” katanya berharap.

Dilansir Jubi.co.id anggota Komisi I DPR RI Dapil Papua, Yan Permenas Mandenas berharap dalam revisi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus bagi Provinsi Papua. Kontribusi masyarakat asli Papua sangat dibutuhkan dalam menyerap informasi terkait pelaksanaan Otsus Papua secara berimbang.

 

“Kita harapkan masyarakat bisa berpartisipasi tak hanya kontribusi pikiran, tetapi juga memberikan saran masukan terkait dengan rencana revisi UU Otsus Papua. Itu supaya tidak terjadi missed informasi di masyarakat. ini,” kata Yan. [*]

Reporter: Theresia F. Tekege
Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *